Tanaman yang Berkaitan Dengan Hal Ghaib

Tanaman yang Berkaitan Dengan Hal Ghaib

Sebuah tanaman identik dengan alam. Semakin banyak ditumbuhi dengan tanaman maka tempat tersebut juga semakin indah. Bukan hanya sebagai penghias sebuah tempat, tanaman juga mempunyai banyak manfaat untuk kita para manusia. Mulai dari produsen makanan, produsen bahan baku dan juga sebagai penghasil oksigen dan penetrak karbon monoksida. Di perkotaan tanaman – tanaman mulai berkurang dikarenakan banyak bangunan tinggi dan proyek. Lain hal di jogja yang masih banyak pepohononan dan juga masih ada tanaman yang mereka keramatkan.

Selain identik dengan alam, ternyata tanaman identik dengan sesuatu yang tak kasat mata. Saat kecil mungkin anda pernah mendengar legenda jangan melewati pohon beringin saat malam hari. Atau anda pernah mendengar tanaman bambu kuning dipercaya sebagai pembawa jimat keberuntungan. Di beberapa daerah di Indonesia, tanaman – tanaman khusus memang ada yang dikeramatkan oleh orang – orang sekitar. Bahkan jika anda mendaki gunung, jangan pernah memetik atau merusak tanaman disana apabila tidak ingin mendapatkan hasil buruk.

Berikut adalah beberapa tanaman yang berkaitan dengan hal ghaib.

1. Pohon Beringin.

Pohon Beringin

Salah satu pohon yang menjadi lambang negara Indonesia dalam Pancasila ini ternyata mempunyai banyak cerita – cerita menarik di dalamnya. Cerita yang menyelimuti pohon beringin biasanya tidak jauh – juah dari cerita mistis. Mungkin anda saat kecil pernah mendengar bahwa jangan melewati pohon beringin saat malam hari karena dipercaya sebagai sarang dari gunderowo. Masyarakat Indonesia sendiri percaya bahwa pohon beringin tidak boleh ditebang sembarangan. Jika anda yang menebang secara tidak sopan maka orang itu akan tertimpa sial.

Beringin juga dipercaya sebagai rumah bagi para makhluk ghaib. Ada satu kepercayaan jika anda kencing di pohon beringin maka anda akan langsung terkena kesialan. Mitos ini berawal dari masyarakat jawa yang sangat menghormati budaya setempat. Bahkan terdapat sepasang beringin terkenal yang berlokasi di alun – alun kota Yogyakarta. Pohon ini dikenal oleh masyarakat sebagai pohon pembawa jodoh. Mereka yang berhasil melewati beringin kembar di sini dengan mata tertutup dipercaya akan segera menemukan belahan hati.

2. Melati.

Melati

Bunga yang identik dengan keharuman dan juga keindahannya ini biasa digunakan sebagai hiasan pada salah satu mempelai dalam pernikahan. Bunga yang melambangkan kesucian ini ternyata tidak jauh – jauh dari mitos – mitos ghaib. Pada jaman dahulu, masyarakat sudah mengaanggap melati sebagai bunga yang sangat mistis. Melati sering dikaitkan dengan salah satu penguasa ratu selatan yaitu Nyi Roro Kidul. Dengan memakan bunga melati sambil diiringi dengan ritual – ritual khusus, dipercaya anda bisa lebih dekat dengan Ratu Pantai Selatan orang lain.

Bunga melati juga dipercaya bisa digunakan sebagai jimat pemikat hati seseorang. Cara yang dilakukan pun sama, dengan memakan bunga melati disertai dengan ritual – ritual khusus dipercaya dapat menarik hati lawan jenis. Anda juga pernah mendengar mitos dimana jika tercium bau melati di tempat – tempat angker maka dipastikan kuntilanak sedang berada di dekat situ. Bunga ini juga menjadi salah satu simbol pernikahan dan juga kesetiaan. Para mempelai yang memekai bunga melai dipercaya akan selalu bersama hingga maut memisahkan mereka.

3. Bambu Kuning

Bambu Kuning

Bambu yang berwarna kuning ini biasa disebut oleh masyarakat sunda sebagai “Haur Koneng” ini sudah dikenal masyarakat sebagai salah satu tanaman yang berhubungan kental dengan mistis. Tanaman yang termasuk dalam tanaman hias ini biasa dipasang didepan rumah – rumah untuk mempercantik penampilan rumah. Ternyata bambu ini dipecaya memiliki mitos – mitos menarik. Bambu kuning dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan bagi mereka yang memasangnya di rumah. Bambu ini juga dipercaya dapat mengusir maling karena memancarkan suatu arwah “aneh” bagi maling.

Bambu kuning ini sudah dipercaya menyimpan sebuah kekuatan yang dapat menguntungkan para pemiliknya. Bambu ini dipercaya bisa menjadi “Pagar Ghaib”. Bambu ini memancarkan suatu energi yang membuat para makhluk halus atau roh halus enggan melewati bambu tersebut. Bahkan konon bagi para makhluk halus yang nekat melewati pagar ini dapat terluka parah. Bambu ini juga selain bisa menangkal makhluk halus, bisa juga menangkal santet dari orang jahat. Sampai sekarang bambu kuning masih dijadikan jimat oleh banyak orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.