Sutradara Horor Indonesia Paling Terkenal

Sutradara Horor Indonesia Paling Terkenal

Jika tadi sudah berbicara tentang Sutradara Horor Paling Legendaris di Dunia, tidak lengkap bila kita tidak berbicara tentang sutrada – sutrada horor dalam negri. Di Indonesia sendiri banyak terdapat film – film horor  legendaris yang disutradarai oleh orang – orang yang dikenal sebagai sutradara terbaik di tanah air. Perjalanan film horor di Indonesia juga sudah terbilang cukup lama. Film horor sudah masuk ke Indonesia sejak jaman sebelum kemerdekaan.

Judul – judul film horor sebelum kemerdekaan adalah Doea Sloeman  Oeler Poeti en Item (1934) yang disutradarai oleh sutradara asal Tionghoa. Tema horor mulai bersinar lagi pada jaman dimana ratu horor Indonesia masih aktif dalam berperan yaitu 1988 walau sempat memudar lagi. Namun pada masa sekarang banyak sutradara – sutradara hebat yang menggarap berbagai film horor yang tentunya sudah berkualitas sangat baik.

Berikut adalah Sutradara Horor Indonesia Paling Terkenal.

1. Awi Suryadi

Awi Suryadi

Sutradara yang berasal dari lampung ini ternyata memulai karier di dunia film bukan dari film horor melainkan dari film Gue Kapok Jatuh Cinta. Ia memulai debut horornya 2 tahun setelah  film pertamanya yaitu pada 2008. Dalam 10 Tahun terkahir, Awi Suryadi sudah memproduksi film horor, antara lain Pengantin Topeng (2010), Badoet (2015), Danur: I Can See Ghosts (2017), Danur 2: Maddah (2018), Asih (2018), Death Whisper (2019), dan Danur 3: Sunyaruri (2019). Termasuk yang terbaru: KKN di Desa PenariIvanna Van Dijk, dan Danur 4.

Ia menjadi salah satu Sutradara Horor Indonesia Paling Terkenal karena menggarap semua film Danur Universe. Danur sendiri merupakan sebuah cerita horor yang diangkat ke layar lebar. Cerita tersebut merupakan karya Risa Saravati dan ternyata sangat laris manis di pasarnan. Ia memiliki ciri khas yang menarik yaitu dengan tidak hanya menampilkan hantunya saja, tetapi ia akan menampilkan cerita yang melatar belakangi hantu tersebut.

2. Joko Anwar

Joko Anwar

Siapa yang tidak mengenal salah satu sutradara kondang asal Indonesia ini. Pria kelahiran Medan ini lahir pada tanggal 3 Januari 1976 dan memiliki nama Joko Anwar. Ia memulai masa kecilnya dengan sering menonton film horor dan kungfu. Jenjang pendidikan Joko bisa dibilang tidak berada di sektor film. Ia bersekolah di ITB Bandung dengan jurusan Aerospace engineering karena sang orangtua tidak bisa membiayakan ia masuk ke sekolah film.

Joko kemudian mulai terjun ke dunia film horor dengan membuat film – film seperti Pengabdi Setan, Ratu Ilmu Hitam, dan Perempuan Tanah Jahanam. Ternyata respon orang – orang memberikan respon yang positif terhadap film – film besutan Joko Anwar. Akibat hal tersebut Joko Anwar bisa dibilang sebagai salah satu Sutradara Horor Indonesia Paling Terkenal yang patut diapresiasi atas karya – karyanya yang luar biasa dan bisa menghibur.

3. Rocky Suryana

Rocky Soraya

Rocky Soraya menekankan pada benda-benda yang memiliki unsur gaib dan bisa mencelakai pemiliknya. Sebelumnya, nama Rocky Soraya memang lebih dikenal sebagai produser film Indonesia. Namun, filmografi horornya enggak boleh diremehkan. Rocky sudah menyutradarai 8 film Indonesia genre horor dan 7 kali jadi penulis skenarionya .Ciri khasnya terletak pada cerita yang berhubungan dengan benda gaib dan ritual. Seperti karyanya The Doll (2016), The Doll 2 (2017), Mata Batin (2017), Sabrina (2018), Mata Batin 2 (2019), dan Jeritan Malam (2019).

Hebatnya, Rocky sempat mencatat sejarah baru di perfilman Indonesia. Dia berhasil mendapat penghargaan MURI karena empat filmnya berhasil mendapat lebih dari satu juta penonton secara beruntun . Film-filmnya, antara lain The Doll 2 (1,2 juta penonton), Mata Batin (1,2 juta penonton), Sabrina (1,3 juta penonton), dan Suzzanna: Bernapas dalam Kubur (3,3 juta penonton). Rocky pantas menjadi salah satu Sutradara Horor Indonesia Paling Terkenal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.