Senjata – Senjata Terkuat dalam Mitologi

Senjata – Senjata Terkuat dalam Mitologi

Dalam kisah – kisah mitologi, para dewa – dewa, raja atau pahlawan diberikan kekuatan – kekuatan sakti yang luar biasa. Mereka bisa menggunakan sihir magis ataupun kekuatan fisik yang luar biasa. Mereka juga kerap digambarkan memegang sebuah senjata untuk membela diri. Dikarenakan kebudayaan dahulu yang kental akan perang dan pertarungan, para orang – orang tersebut kerap bertarung dengan kebolehan masing – masing.

Mereka juga kerap menggunakan senjata yang tak kalah sakti dengan penggunannya. Senjata – senjata mereka digunakan untuk membasmi monster yang luar biasa besar atau membunuh musuhnya dengan kekuatan super. Ada yang bisa membelah gunung dan lautan, ada juga yang berkuasa atas petir, ada juga sebuah pedang dengan ketajaman luar biasa dan masih banyak lagi. Senjata – senjata mereka konon ada yang dikabarkan masih ada sampai sekarang. Dan ada mitos bahwa senjata tersebut hanya bisa digunakan oleh orang yang pantas.

Berikut adalah beberapa senjata mitologi yang dikenal kuat dan hebat.

1.    Excalibur

Excalibur

Pedang yang dikenal sebagai Sword in the Stone ini pernah digunakan Raja Arthur yang memberinya hak untuk memerintah Inggris pada masa itu. Pedang ini memiliki dua versi  yang berbeda dalam penggambarannya. Versi pertama, pedang ini tertancap di sebuah batu dan dipercaya tidak bisa dicabut oleh sembarang orang. Dan orang yang bisa mencabut pedang tersebut akan menjadi Raja Inggris. Raja Arthur mencoba mencabut pedang tersebut dan tenyata pedang tersebut tercabut dan membuat Raja Arthur memerintah inggris.

Versi kedua menceritakan bahwa ketika pedang Raja Arthur rusak akibat pertempuran, Lady of the Lake yang dikenal dengan Merlin memberikan pedang Excalibur kepada Raja Arthur. Dikatakan saat Raja Arthur menggunakan pedangnya didalam pertempuran, pedang itu bersinar sangat terang dan membuat musuhnya tidak percaya. Cahaya yang dihasilkan Excalibur setara dengan 30 obor yang membuat musuhnya buta sesaat dan saat musuhnya sadar, ia sudah terkena hunusan pedang tersebut.

Bahkan, konon katanya sarung dari pedang ini mampu melindungi sang pemakai dari luka – luka fatal.

2.    Mjolnir

Mjolnir

Salah satu senjata yang dipakai oleh putra Odin sekaligus Dewa Petir dalam mitologi Nordik yaitu Thor. Senjata yang berbentuk palu ini memiliki kekuatan destruktif yang luar biasa apalagi ditambahkan dengan kekuatan sang pemilik yaitu petir. Palu ini dapat memberikan efek kehancuran ditambah dengan kekuatan petir. Palu ini digunakan Thor untuk bertarung dengan para musuhnya bahkan ia bertarung dengan musuh terakhirnya, Jormundgandr menggunakan palu ini. Jormungandr mati saat kepalanya dihantam Mjolnir, namun sayang Thor juga harus mati akibat racun Jormungandr.

Palu ini dibuat oleh dua kurcaci pandai besi  bernama Brokk dan Eiti mengunakan material yang hanya terdapat di Asgard yaitu Uru. Material ini sangat kuat dan sulit untuk ditemukan. Palu ini juga konon sudah diberi mantra oleh Odin agar tidak sembarang orang memakai palu tersebut. Hanya orang – orang terpilihlah yang dapat mengangkat Mjolnir. Thor juga dibenahi kekuatan yang jika ia memanggil Mjolnir maka Mjolnir langsung terbang ke tangannya.

Konon, berat Mjolnir diperkirakan sangat sangat berat.

3.    Keris Mpu Gandring

Keris Mpu Gandring

Salah satu senjata legendaris milik Ken Arok dimiliki kesaktian yang luar biasa hingga dapat membunuh pemiliknya sendiri. Ken Arok yang saat itu membutuhkan sebuah keris yang terhebat pada jamannya, meminta seorang mpu untuk membuat sebuah keris sakti. Ia mendatangi Mpu Gandring untuk meminta sebuah keris tapi hanya dalam satu malam saja. Mpu gandring sedikit keberatan namun menyanggupi permintaan Ken Arok. Dibuatlah sebuah keris dengan kesaktian yang luar bisa dengan mentransfer semua kesaktian Mpu Gandring.

Keesokan harinya Ken Arok datang untuk menagih janjinya tersebut. Namun Mpu Gandring masih harus membuat sarung keris tersebut dan enggan menyerahkan. Ken Arok marah karena Mpu Gandring dianggap tidak bisa menyelesaikan permintannya dan langsung merebut keris tersebut. Dibunuhlah Mpu Gandring dengan keris tersebut. Sebelum meninggal Mpu Gandring memberikan kutukan terhadap keris tersebut dengan bunyi bahwa keris tersebut akan memakan 7 turunan dari Ken Arok. Dan benar saja semua keturunan Ken Arok dilahap.

Konon keris ini terkubur dibawah gunung kelud dan belum ada yang menemukannya sampai sekarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *