Senjata – Senjata Legendaris Dalam Mitologi Nordik

Senjata – Senjata Legendaris Dalam Mitologi Nordik

Membicarakan mitologi memang menjadi sesuatu yang menarik. mulai dari kisah penciptaan yang unik, dewa – dewi dengan kekuatan memukau sampai dengan pertarungan – pertarungan dahsyat yang mengguncang bumi dan semesta. Di setiap petarungan mereka, pasti ada senjata yang mendukung dalam medan peramg dengan kekuatan yang tidak main – main bagi penggunanya. Biasanya senjata yang mereka pegang mencerminkan kekuatan dari bawaan sang dewa tersebut.

Jika sang dewa memiliki kekuatan petir, maka sang senjata akan memancarkan kekuatan petir dengan ditambah kekuatan destruktif yang luar biasa. Dalam mitologi – mitologi di dunia, setiap dewa digambarkan memegang senjata – senjata sakti dengan kekuatannya masing – masing. seperti Odin yang memegang sebuah tombak berkekuatan luar bisa, Thor dengan palu saktinya yang dapat mengeluarkan petir dan masih banyak lagi. Senjata legenda mereka diceritakan dibuat dengan material yang sama luar biasanya.

berikut adalah beberapa senjata – senjata legendaris dalam mitologi Nordik

1. Gungnir

Gungnir

Odin dikenal sebagai dewa tertinggi yang memimpin Asgard dan dunia lainnya. Sebagai Aesir yang tinggal di Valhallla Odin dikenal sebagai dewa yang memiliki kekuatan Mahadahsyat dan juga mengerikan. Kekuatan Odin sendiri dibantu dengan senjata Legendaris berbentuk tombak yang memiliki kekuatan sangat besar. Nama tombak tersebut adalah Gungnir.  Sebuah tombak khusus yang dirancang para kurcaci Nidavellir untuk memaksimalkan kekutaan Odin dalam petarungan. Tombak ini sudah berada di tangan Odin sejak ia menguasai Valhalla pada usia yang masih terbilang muda.

Tombak ini memiliki kekuatan dan ketahanan yang tidak main – main. Dibuat dengan material terkuat dalam sejarah mitologi Nordik yang tidak mudah ditemukan yaitu Uru. Gungnir  sendiri dirancang khusus oleh para kurcaci penempa agar bisa digunakan Odin sefesien mungkin. Dikabarkan Gungnir akan merespon Odin dan akan kembali ke tangan Odin walaupun sedang jauh. Ada dua versi yang menjelaskan penciptaan Gungnir, yaitu diciptakan oleh sinar matahari, dan satu diciptakan dengan sisa serpihan Ragnarok terdahulu.

Senjata Gungnir banyak diadaptasi kedalam game – game terkenal sebagai salah satu senjata legendaris.

2. Mjolnir

Mjolnir

Sebuah senjata berbentuk palu ini dimiliki salah satu dewa terkuat dalam mitologi Nordik yaitu, Thor. Senjata ini memiliki kekuatan penghancur berskala besar yang membuat sang musuh bisa tumbang dalam sekali pukul. Dewa Thor adalah Dewa petir dalam mitologi Nordik, maka dari itu kekuatan yang dimiliki Mjolnir adalah kekuatan petir. Jika Thor mengayunkan Mjolnir terhadap musuhnya, Mjolnir akan memberikan kerusakan yang besar ditambah serangan petir yang membuat korbannya tidak beradaya. Thor menggunakan palu ini dalam perang terakhirnya dalam tragedi Ragnarok.

Ia akan bertarung dengan salah satu dari 3 makhluk penyebab Ragnarok yaitu Jormungandr, sang ular semesta. Namun sayang mereka harus saling bunuh dalam perang Ragnarok. Jormungandr akan mati karena hantaman dari Mjolnir, sedangkan Thor mati karena racun yang dihasilkan oleh Jormungandr. Sama halnya dengan Gungnir, palu ini dibuat dengan material Uru yang terkenal sebagai bahan utama dalan pembuatan senjata – senjata legedaris yang berada di Asgard.

Kurcaci yang membuat palu ini bernama Brokk dan Eiti. Mereka berasal dari dunia Nidavellir.

3. Hofund

Hofund

Pedang yang dimiliki oleh penjaga gerbang yang bisa membuka Bifrost ini dimiliki oleh sang maha tau, maha mendangar, dan maha mellihat yaitu , Heimdall. Heimdall menggunakan pedang ini sebagai kunci membuka sebuah portal penghubung antara Midgard dan Asgard. Pedang Hofund sendiri dipercaya memiliki kekuatan yang amat luar biasa dalam mitologinya. Pedang tersebut diketahui memilik kekuatan yang akan menyerap daya kosmik dan menjadikannya sebagai daya serang dan kekuatan pedang tersebut.

Pedang ini juga diketahui memberikan kekuatan magis kepada penggunanya. Heimdall diceritakan dapat menyamar saat datang mengunjungi bumi dikarenakan kekuatan yang diberikan oleh pedang Hofund. Pedang Hofund sendiri seakan – akan sudah melekat kepada Heimdall sebagai pemilik sejatinya. Diceritakan bahwa jika pedang Hofund jatuh ke tangan yang tidak tepat, maka pedang tersebut akan membuat keinginan jahat sang pencuri semakin menjadi – jadi dan semakin jahat.

Heimdall sudah berabad – abad menjaga gerbang Bifrost sambil memegang pedang Hofund  ditangannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.