Rubah Cantik Berekor 9 Kumoho

Rubah Cantik Berekor 9 Kumoho

Jika di jepang mempunyai rubah ekor 9 bernama kyubi, maka di korea ada legenda rubah berekor 9 bernama Kumiho. Kisahnya muncul dan terus berkembang hingga sekarang karena awalnya dipengaruhi oleh budaya cina kuno, maka tidak aneh jika negara seperti jepang, cina memiliki mitos yang serupa.

Kumiho adalah salah satu siluman yang dapat berubah wujud menjadi manusia. Wujud yang digunakan kumiho saat menjadi manusia adalah seorang wanita cantik. Kumiho suka menghampiri seseorang saat ia dalam wujud manusianya dan suka menjadikan orang tersebut korban.

  • Sejarah Kumiho

Sejarah Kumiho

Kumiho awalnya adalah seekor rubah peliharaan biksu tua. Ia sudah mengikuti biksu tersebut dari sangat kecil, biksu tua itu sudah seperti ayah bagi kumiho. Tetapi biksu itu semakin tua dan akhirnya memutuskan untuk menyegel kumiho dalam lukisan agar suatu saat biksu itu meninggal, ia tidak disakiti. Kumiho menyetujui tetapi memberi syarat terhadap sang biksu yaitu, saat bulan purnama ia boleh keluar dari lukisan dan menjelma menjadi wanita cantik. Sang biksu pun menyetujuinya asalkan tidak menampakan diri pada manusia.

Suatu hari saat kumiho sedang jalan jalan disekitar kuil, ada seorang petani melihat wanita cantik yang adalah kumiho sedang mengitari kuil. Sang petani makin bingung mengapa wanita tersebut masuk ke dalam kuil, sang petani pun langsung memberitahu ke orang – orang dan kabarnya pun beredar luas.

Warga desa langsung mendatangi kuil dan bertanya – tanya, sang biksu hanya bisa berbohong seadanya. Sesudah itu sang biksu terpaksan menyegel kumiho selamanya dilukisan.

Setelah kejadian itu, tidak lama datanglah dua anak laki – laki ke kuil untuk berdoa. Kemudian saat mereka ingin pulang, hujan lebat turun membasahi semua kawasan kuil itu. Dengan terpaksa, 2 orang anak laki – laki itu meminta izin untuk menginap disana.

Sang biksu mengijinkan namun dengan syarat tidak boleh membuka apa yang ada di balik ruangan rahasia. Namun karena rasa penasaran, kebutulann saat itu bulan purnama dan kumiho menembus segel sang biksu, anak laki – laki itu membuka ruangan kumiho. Kumiho tanpa panjang lebar langsung membuat anak tersebut pingsan dan mengambil jantung dan hatinya.

  • Terdapat di jepang dan cina

Selain ada di korea, ternyata legenda rubah berekor 9 ini pun ada di daratan china dan jepang. Mari kita bahas satu persatu legenda mereka

  • Kitsune

Kitsune

Digambarkan sebagai rubah yang memiliki kecerdasan dan kesaktian luar biasa. Jika seekor kitsune sudah mencapai umur yang sangat tua, kitsune akan semakin kuat, semakin cerdas dan semakin sakti. Bulu mereka pun akan berubah menjadi putih keemasan yang menandakan bahwa mereka sudah di tahap paling luar biasa.

Kitsune di jepang memiliki 2 versi, yang pertama kistune baik dan kedua kitsune jahat. Kitsune baik akan menuntun seseorang menuju kebijakan sedangkan kitsune jahat sering merasuki orang hanya untuk sekedar mengambil sari – sari kehidupan mereka.

  • Huli Jing

Huli Jing

Legenda huli jing di china tidak berbeda jauh seperti yang ada di korea maupun yang di jepang. Rubah ekor sembilan disini digambarkan sebagai makhluk sakit yang bisa berubah wujud. Huli jing dapat disimbolkan sebagai pertanda buruk ataupun pertanda baik. Ada yang mengatakan bahwa jika mendengar suara huli jing di pegunungan maka orang itu akan mati namun jika kalian menyantapnya maka kalian akan kebal dari racun apapun.

Ada juga yang berkata bahwa jika kita bertemu huli jing maka kita akan mendapat istri, ternyata istri yang didapat oleh orang tersebut adalah huli jing.

Huli jing disebutkan bahwa jika iya berumur 50 tahun ia akan bisa berubah menjadi seorang wanita, jika ia berumur 100 tahun maka ia akan bisa berubah menjadi wanita cantik bahkan menikahinya. Diatas umur seratus ia akan memiliki kemampuan luar biasa seperti, mencium sesuatu dari ribuan mil, meracuni orang dengan sihir bahkan merasukinya hingga lupa ingatan.

Jika huli jing sudah memasuki umur 1000 maka ia akan naik keatas dan menjadi rubah langit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *