Relik Kristen Paling Bersejarah di Dunia

Relik Kristen Paling Bersejarah di Dunia

Sejarah Kristen memang cukup terkenal dan berpengaruh dalam peradaban dunia. Agama Kristen juga merupakan salah satu agama paling tua dan memiliki perjalanan yang cukup panjang. Agama Kristen pertama kali muncul pada wilayah Israel dan Palestina. Sekitar 15 tahun berlalu, Agama Kristen mulai berkembang ke Eropa Selatan dan terus bekembang hingga  Afrika, Asia dan sisa Eropa. Hingga akhirnya agama Kristen menjadi agama paling umum seperti yang kita kenal sekarang.

Agama Kristen mempunyai sosok Yesus yang membimbing para umatnya ke jalan yang benar. Yesus juga pernah turun ke Dunia menjadi manusia sekitar 2.000 tahun yang lalu untuk menebus dosa – dosa manusia. Yesus sudah dijadikan sosok panutan dalam agama Kristen. Agama Kristen juga mempunyai kitab suci bernama Alkitab. Di Alkitab banyak diceritakan perjalanan para nabi dalam menyebarkan ajaran Tuhan. Di Alkitab juga terdapat beberapa benda yang konon suci dan masih ada sampai sekarang.

Berikut adalah Relik Kristen Paling Bersejarah di Dunia.

1. Tabut Perjanjian

Tabut Perjanjian

Tabut Perjanjian atau yang biasa dikenal dengan Tabut Perjanjian Musa adalah kotak yang berisikan Loh batu yang di mana tertulis sepuluh perintah Allah, Tongkat Harun, dan juga Roti Manna. Tabut Perjanjian dibuat atas perintah Tuhan ketika Musa keluar dari Gunung Sinai. Tuhan menyuruh membuat 2 malaikat Kerubim di atas penutup tabut dan berkata bahwa tabut dan benda – benda sucinya merupakan keagungan Israel. Tabut perjanjian konon ditemukan oleh para arkeolog.

Peneliti dan arkeolog yang tergabung dalam Bible Archaelogy Search and Exploration atau yang biasa dikenal dengan BASE mengaku sudah menemukan tabut perjanjian. Mereka percaya bahwa tabut perjanjian berada di Ethiopia tepatnya di Gereja Bunda Maria dari Zion yang berada di kota Axum, Ethiopia Utara. Para pendeta memang mengaku bahwa tabut perjanjian ada di dalam sana tapi ada aturan khusus dimana hanya boleh pendeta saja yang memasuki tempat tersebut, peneliti tidak boleh.

Hanya satu orang saja yang dipercaya boleh melihat, mereka takut tabut perjanjian akan tercemar mata dunia.

2. Darah Yesus

Darah Yesus

Luar biasa memang masih ada orang yang menyimpan darah dari sang Juruslamat dunia sampai sekarang. Darah Yesus merupakan salah satu benda yang digolongkan sebagai acheiropoieta yang berarti ” benda yang tidak dibuat oleh tangan manusia “. Benda – benda ini sering dipamerkan kepada publik sepanjang abad. Darah Yesus ini diketahui disimpan di Basilica sebagai salah satu harta karun paling berharga. Darah Yesus ini sendiri bukan berbentuk cairan melainkan membekas dalam sebuah kain menjadi bercak darah.

Orang yang diketahui mengambil darah Yesus adalah Yusuf dari Arimatea yang menampungnya dalam Cawan perjamuan terakhir. Darah Yesus sendiri merupakan simbol suci dari orang Kristen sebagai satu – satunya darah  yang membasuh manusia dari dosa Duniawi. Darah dari sang Putra Allah , Darah Anak Domba dan Darah dari Anak Maria. Namun karena masa yang sudah terlampau jauh, masih terdapat orang – orang yang meragukan keaslian dari Relik Darah Kristus ini.

Sampai sekarang Darah Kristus masih disimpan baik – baik oleh gereja Basilika atau dikenal dengan Basilica of the Holy Blood.

3. Mahkota Duri Yesus

Mahkota Duri Yesus

Saat Yesus menjelang disalib, Ia terus menerus menerima siksaan  – siksaan mengerikan yang membuat tubuh manusianya kesakitan. Salah satunya adalah mahkota duri yang dipasangi dikepalanya saat Ia sedang menuju bukit Golgota. Mahkota yang dikenakan Yesus saat berjalan ke Golgota ternyata masih ada sampai sekarang dan masuk dalam salah satu harta karun paling berharga bagi umat Kristen. Mahkota berduri ini berada di Gereja Notre Dame di Paris, Perancis.

Keaslian dari mahkota itu memang masih menjadi bahan perdebatan. Tapi para peneliti bahwa mahkota tersebut berasal dari abad ke – 4. Mahkota ini akan dipamerkan dan dikeluarkan setiap hari jumat pertama setiap bulan dan hari jumat saat masa puasa. Setiap tahun ada 13 juta pengunjung yang ingin melihat mahkota berduri ini. Mahkota ini pernah selamat dari kebakaran hebar yang pernah melanda gereja Notra Dame. Jika anda ingin melihat salah satu relik Yesus, anda bisa mengunjungi gereja ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.