Pusaka Keris Indonesia Paling Sakti

Pusaka Keris Indonesia Paling Sakti

Keris merupakan salah satu hasil budaya indonesia yang sudah dikenal oleh dunia. Bilang pedang yang diasah kemudian dibentuk berliku – liku ini dahulu digunakan untuk berperang sebelum akhirnya dijadikan warisan budaya. Keris juga sering ada dalam pentas seni tradisional sebagai hiasan atau bahan peraga. Namun sejarah keris ternyata sangat dalam di indonesia. Keris yang kita kenal sekarang berebeda fungsinya dengan keris pada jaman dahulu.

Pada jaman  dahulu keris digunakan sebagai senajata pusaka yang mempunyai kekeuatan luar biasa. Keris kerap dijadikan sebagai medium untuk kekuatan – kekuatan yang berada di luar nalar. Sampai sekarang keris – keris yang diaukui punya sejarah dalam dan panjang masih menyimpan kekuatan yang terpendam. Bahkan sekarang keris kuno dijadikan senjata pusaka oleh indonesia.

Beikut adalah keris yang dipercaya memiliki kekuatan sakti karena nilai sejarahnya yang kuat dan dalam.

1. Keris Mpu Gandring

Keris Mpu Gandring

Keris yang dibuat sesuai dengan perintah dari Ken Arok ini dibuat dalam satu malam oleh Mpu Gandring. Suatu hal yang mustahil bagi para pengrajin besi sakti untuk menyelesaikan keris dalam satu malam. Namun Mpu Gandring menyanggupi keinginan Ken Arok dan menyelesaikan keris sakti tersebut dalam satu malam. Keris tersebut diceritakan memiliki kesaktian yang luar biasa hebat. Bahkan sang penempa sampai harus men – transfer kesaktianya untuk menyempurnakan keris tersebut.

Ken Arok pun datang keesokan harinya untuk mengambil keris tersebut. Namun, sarung sang keris belum sempat selesai dibuat. Karna Ken Arok merasa kesal, ia membunuh Mpu Gandring dengan menusukan keris tersebut sekaligus mencoba kesaktiannya. Saat dalam keadaan sekarat, Mpu Gandring mengutuk Ken Arok bahwa keris tersebut akan meminta 7 tumbal yang tumbalnya itu sendiri adalah keturunan Ken Arok.

Keris yang konon dibuat dari batu yang berasal dari luar bumi ini memiliki kesaktian luar biasa. Mulai dari bisa menandingi sang penciptanya, mengeluarkan suara – suara ghiab  sampai mengacaukan sebuah kerajaan. Sekarang keris ini konon sedang tertidur dibawah gunung Kelud.

2. Keris Taming Sari

Keris Taming Sari

Keris yang berasal dari kerajaan Majapahit ini diakui memiliki kesaktian yang luar biasa. Diceritakan ada pendekat keris dari majapahit bernama Taming Sari yang menantang pendekar dari kerjaan malaka saat sedang datang kunjungan untuk melaksanakan lamaran. Tantangan diterima oleh pendekar keris dari malaka yaitu Hang Tuah. Duel maut menggunakan keris pun dimulai.

Awalnya mereka berdua bertarung dengan sangat sengit sampai membuat orang – orang disekitar terpuakau. Namun Taming Sari membuat satu celah yang dengan mudah Hang Tuah manfaatkan. Hang Tuah langsung menikam Taming Sari dan ternyata dia tidak kebal. Hang Tuah mengambil kesimpulan bahwa kekebalan Taming Sari bukan berasal dari  ilmunya melainkan dari kerisnya. Hang Tuah pun segera merampas keris Taming Sari.

Konon katanya keris ini ditemukan di sungai yang berada di London. Namun belum terbukti benar atau tidak itu adalah keris Taming Sari.

3. Keris Condong Campur

Keris Condong Campur

Keris yang berada pada jaman majapahit ini dikenal juga dengan nama Keris Kyai Condong Campur. Keris ini memiliki karakteristik lurus, panjang bilah sedang dengan kembang kacang, ditambah satu lambe gajah, satu sogokan di depannya dan ukuran panjang sogokan sampai ujung bilang, tidak memiliki sogokan belakang.

 

Keris yang melambangkan ingin menyatukan perbedaan ini memiliki arti. Condong yang berarti miring terhadap suatu titik yang berarti keinginan atau keberpihakan. Dan campur memiliki arti keinginan dalam menyatukan keadaan tertentu. Keris ini tercipta akibat keadaan majahpahit yang saat itu dalam keadaan terpecah belah. Golongan kaya dan golongan miskin tercipta di lingkungan kerjaan majapahit.

 

Dikisahkan juga bahwa keris ini diciptakan oleh 100 orang Mpu. Bahan yang membuatnya didatangkan dari tempat yang berbeda – beda membuat keris ini menjadi yang paling sakti di jamannya. Bahkan keris –  keris lain merasa iri dan menantang keris condong campur berduel. Suatu hari condong campur dikalahkan oleh sengkelat. Ia dibuang ke luar angkasa menjadi sebuah komet dan berjanji akan kembali setiap 500 tahun untuk mengacaukan bumi.

Baca juga : Jalanan Paling Angker di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *