Penyakit Paling Mematikan di Dunia

Penyakit Paling Mematikan di Dunia

Setiap orang di dunia ini tidak selalu diciptakan selalu sehat. Mereka terkadang bisa sakit karena terpapar penyakit, sistem kekebalan yang kurang atau adanya kelainan fungsi pada tubuh. Penyakit sendiri berarti adanya kondisi abnormal yang secara tidak baik mempengaruhi susunan atau fungsi sebagian atau seluruh tubuh semua makhluk hidup. Penyakit bukan timbul akibat cedera luar melainkan berasal dari dalam tubuh. Setiap penyakit memiliki gejala nya masing – masing yang berbeda. Maka dari itu para medis selalu melihat gejalanya terlebih dahulu sebelum memvonis.

Penyakit banyak tergolong menjadi beberapa tipe. Tipe yang ringan biasanya akan langsung sembuh setelah mendapat penanganan yang tepat atau dengan beristirahat beberapa hari. Namun jika penyakit tersebut sudah memasuki penyakit berat,  penyakit tersebut harus ditangani dengan medis tingkat lanjut dan menjalani beberapa prosedur medis agar bisa sembuh. Dampak dari penyakit berat juga tidak main – main bahkan bisa menimbulkan kematian jika tidak mendapat penangan yang tepat. Di dunia ini ada beberapa penyakit mematikan yang penyembuhannya masih tergolong sulit.

Berikut adalah Penyakit Paling Mematikan di Dunia.

1. Infeksi Saluran Pernapasan

infeksi saluran pernapasan

infeksi saluran pernapasan ( respiratory tract infections ) merupakan infeksi yang menyerang bagian saluran pernapasan manusia, Virus dan bakteri bertanggung jawab atas infeksi yang terjadi ini. Biasanya infeksi saluran pernapasan dibagi menjadi 2 sesuai dengan bagian yang terkena infeksi yaitu atas dan bawah. Penyakit terkenal yang berasal dari pernapasan adalah Flu, Bronkitis, Pneumonia, dan TBC. Mereka akan menginfeksi paru – paru anda karena bakteri yang berdiam di dalam paru – paru anda. Gejala utamanya termasuk ringan seperti batuk, sesak di area dada, sesak napas dan mengi, Namun lebih baik anda segera ke dokter jika tidak ingin hal buruk terjadi.

Infeksi saluran pernapasan merupakan penyakit paling mematikan karena sudah bersangkutan dengan pernapasan. Bahkan jika tidak mendapat penanganan yang tepat, pasien bisa meninggal. Biasanya setiap tahun anda akan disarankan untuk melakukan suntikan flu. Lebih baik anda melakukan suntikan flu untuk mencegah infeksi pernapasan. Seringlah mencuci tangan dan mencuci muka sebelum makan  dan tidur. Hindari  roko dan asap – asap jahat di sekitar anda. Pakailah masker bila perlu saat berpergian keluar.

2. Kanker Paru – Paru

Kanker Paru - Paru

Jika terdapat pertumbuhan sel yang tidak terkontrol pada paru – paru, sudah bisa dipastikan bahwa itu adalah kanker paru – paru. Bila tidak mendapat perawatan yang tepat, pertumbuhan sel ini dapat menyebar ke luar paru – paru melalui proses metasis mulai dari jaringan yang terdekat. Biasanya kanker ini meliputi bronkus, trakea, paru – paru dan laring. Banyak faktor yang bisa memicu kanker paru – paru ini seperti rokok, asap rokok, partikel beracun bahkan jamur – jamur dirumah pun  bisa memicu timbulnya kanker paru – paru.

Kanker paru – paru betanggung jawab atas kematina 4 juta jiwa setiap tahunnya di dunia. Biasanya kanker paru – paru paling dipicu oleh asap rokok dan rokonya sendiri. Bahkan orang – orang yang hanya terpapar asap roko pun atau biasa disebut dengan perokok pasif memiliki resiko besar terkena kanker paru – paru. Untuk mencegah terkena kanker paru – paru, jika anda merokok, segeralah berhenti merokok dan jika anda bukan, jauhi lah sebisa mungkin lingkungan yang dipenuhi oleh orang – orang yang merokok.

3. Stroke

Stroke

Stroke adalah penyakit yang menyerang otak ketika arteri di otak tersumbat atau bocor. Sel – sel di otak anda akan mulai kekurangan oksigen dan perlahan – perlahan sel – sel akan mati dalam hitungan menit. Gejala paling umum yang terjadi pada penderita stroke adalah mati rasa pada setengah dari bagian tubuh. Jika tidak ditangani dengan benar, stroke dapat membuat penderitanya mengalami cacat jangka panjang. Waktu paling optimal dalam menanganii stroke adalah saat 3 jam setelah stroke datang. Kemungkinan cacar jangka panjang akan teratasi jika ditangani dalam waktu kurang dari 3 jam.

Walaupun kasus kematian stroke tidak banyak seperti penyakit lain, stroke dibilang penyakit mematikan karena stroke membuat sang penderitanya tidak bisa berbuat apa – apa. Sang penderita hanya bisa bergantung pada orang lain jika sudah terkena stroke dan jika sudah cacat jangka panjang, penyembuhannya pun menjadi tidak mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *