Monster – Monster Dalam Mitologi Nordik

Monster – Monster Dalam Mitologi Nordik

Dalam sebuah mitologi tentu saja tedapat sebuah makhluk atau monster yang membuat mitologi tersebut menarik. Mulai dari makhluk campuran dewa dan raksasan, monster – monster penguasa dunia hingga manusia bersifat monster. Monster sendiri berarti makhluk yang bentuk atau rupanya menyimpang dari biasanya atau makhluk yang ukuran badannya jauh dari manusia pada umumnya. Mereka akan selalu muncul pada cerita – cerita legenda sebagai bumbu pelangkap.

Di nordik sendiri, monster – monster sudah kental dalam setiap mitologinya. Bahkan pada awal penciptaan nordik menurut mitologi, para dewa – dewi disana membunuh seorang monster yang dipercaya sebagai raksasa pertama dalam sejarah. Kemudian dunia terbentuk dalam pohon dunia yang dililit seekor monster berukuran luar biasa berwujud ular. Bahkan di akhir cerita mitologi nordik, mereka berperang dengan monster – monster yang berkekuatan luarbiasa.

Berikut adalah beberapa monster yang terkenal dari mitologi Nordik.

 

1. Jormungandr

Jormungandr atau dalam bahasa Nordik kuno berarti monster raksasa adalah salah satu monster berukuran luar biasa yang menjadikan Yggdrasil sebagai sarangnya. Jormungandr bisa terlahir karena hubungan dari Loki dan Raksasa Angrbooa. Jomungandr lahir bersama dengan ketiga saudaranya yang juga adalah monster. Dikisahkan bahwa Ular raksasa ini diambil oleh Odin dari kedua orangtuanya bersama dengan saudara yang lainnya yaitu Fenrir dan Hel. Kemudian Odin melepaskan Jormungandr kedasar samudra di Midgard

Karena ukuran Jormungandr yang luar biasa, dikabarkan bahwa ukuran Jormungandr dapat mengelilingi bumi. Bahkan kepala dan ekonya saling memegang satu dan lainnya. Makhluk satu ini juga bertanggung jawab atas peristiwa kiamat Nordik yaitu Ragnarok. Jika sang ular melepaskan ekornya maka Ragnarok dipastikan dimulai. Jormungandr dan kedua saudarnya akan langsung memulai menghancurkan semesta dan bertarung dengan para dewa Aesir.

Jormungandr memiliki musuh bebuyutan yaitu sang dewa petir, Thor. Dikisahkan mereka akan saling bunuh pada perang Ragnarok.

 

2. Fenrir

Salah satu dari tiga malapetaka ini adlaah Fenrir. Satu dari 3 bersaudara Jormungandr dan hel, anak dari Loki dan Angrboda ini disebut berwujud serigala raksasa. Fenrir dikabarkan sangat kuat sampai – sampai harus dibelenggu di dasar Jotunheimr. Sosok Fenrir dikabarkan terus tumbuh semakin kuat dari hari ke hari. Para dewa pun ketakutan sampai harus membuat sebuah permainan agar bisa mengurung sang serigala malapetaka itu. Para dewa membuat permainan dengan mengatakan apakah Fenrir bisa lepas dari ikatan mereka atau tidak.

Fenrir menyetujui dan  mengajukan satu syarat yaitu dengan memasukan salah satu tangan mereka ke mulutnya. Para dewa kebingungan karna tali di dunia tidak ada yang sanggup mengikat Fenrir. Tapi mereka tiba – tiba menemukan tali yang dibuat dari Suara kucing, Janggut wanita, Akar gunung, Urat beruang, Nafas ikan dan juga Air ludah burung. Tali ini bernama Gleipnir dan berhasil mengikat Fenrir. Fenrir pun marah tertipu dan langsung memakan tangan Tyr dan hanya bisa terbebas jika Ragnarok tiba.

Karena terlalu kuat, Fenrir pun membunuh dewa tertinggi di Nordik yaitu Odin dalam perang ragnarok. Namun ia juga harus mati ditangan Vidar.

 

3. Hel

Masih salah satu dari 3 bersaudara dari anak loki, Hel merupakan anak perempuan dan satu – satunya yang berwujud manusia. Berbeda dari saudara – saudaranya yang berwujud monster raksasa, Hel justru terlihat seperti manusia biasa. Pada saat ia dilahirkan, ia langsung dilempar odin kedalam Nilfheim yang jauh berada di akar Ygdrassil. Ia ditugaskan menjaga orang – orang mati dan menghibur mereka yang masih penasaran.

Hel sendiri tinggal di isatana yang bernama Eljudnir disinilah dia “menghibur” para roh – roh orang mati. Dikabarkan juga bahwa jika hel meninggalkan Nilfheim maka kelaparan dan penyakit akan melanda. Walaupun Hel seorang wanita, kekuatan Hel tidaklah main – main. Ia jauh lebih kuat daripada Odin bahkan jika ada orang yang meninggal, mau itu sekalipun Odin ia tidak bisa menghidupkan orang tersebut tanpa seijin wanita ini.

Bahkan saat perang Ragnarok hanya Nilfheim yang tidak terbakar karena api Surt.

Baca juga : Dewa – Dewa Nordik yang Paling Terkenal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *