Monster Mitologi Mesir Paling Terkenal

Monster Mitologi Mesir Paling Terkenal

Setelah membahas para dewa – dewi mitologi mesir kuno, belum lengkap jika kita tidak membahas tentang monster – monster yang melengkapi kisah – kisah mitologi mesir. Setiap mitologi rata – rata membahas tentang dewa – dewi yang berkuasa atas bumi namun kurang seru jika kita tidak menambahkan pengacau dalam cerita. Maka dibuatlah makhluk – makhluk tak lazim berkekuatan super untuk melawan para dewa atau hanya untuk sekedar mengacaukan bumi

Di mitologi mesir pun sama, mereka mempunyai makhluk dengan wujud aneh dan menyeramkan. Bahkan mereka punya sesosok dewa yang hobi mengauckan dan memiliki sifat monster. Daripada disebut dewa, lebih cocok jika ia dipanggil monster. Bahkan salah satu monumen paling terkenal di mesir yaitu monumen Sphinx juga merupan sosok tak biasa yaitu berbadan singa tetapi berkepala seperti manusia.

Berikut adalah sosok monster yang ada dalam mitologi mesir kuno.

 

1. Anubis

Anubis digambarkan sebagai sesosok monster dengan wujud manusia berwajah anjing berkulit hitam. Namun ia bagi para penduduk mesir kuno, Anubis adalah sesosok dewa. Lebih tepatnya adalah dewa kematian. Sosok ini sudah melekat dengan sejarah mesir kuno dan budaya mereka. Setiap karya seni dan relief peninggalan mesir kuno, Anubis selalu menghiasi benda – benda tersebut. Ia dipercaya akan melindungi orang mati jika digambar di sebuah makam.

Ia dikenal sebagai sang “Penimbang Hati”. Anubis dipercaya akan mengantar para roh – roh orang meninggal menuju akhirat dan sampai pada “Hall of Maat”. Di Hall of Maat, Anubis akan memulai menimbang hati orang – orang. Jika hati tersebut ringan maka akan menuju akhirat sedangkan jika berat langsung akan ditelan oleh iblis wanita. Ada juga yang menggambarkan Anubis sebagai sosok pemburu roh – roh orang meninggal dan akan langsung melahap roh orang tersebut tanpa ampun.

Konon sosok Anubisa dibilang berkebalikan dengan sosok Osiris yang baik hati dan penyanyang.

 

2. Seth

Seth juga merupakan sesosok dewa namun berkelakuan seperti monster. Ia digambarkan sebagai dewa kegelapan dan kekacauan. Sosoknya adalah seorang manusia berkepala binatang topan. Ia dikenal suka membuat keributan dengan memberontak dan merebut kekuasaan orang. Bahkan ia tercatat pernah membunuh salah satu dewa paling penting di mesir kuno yaitu dewa Osiris. Ia bahkan memotong – motong dan memutilasi jenazah Osiris. Sang istri, Isis menyatukan kembali jenazah osiris dengan mengambil potongan – potongan tersebut.

Seth lahir dari Dewa Bumi Gheb, dan Dewa Langit Nut.  Ia merasa iri akan kebahagiaan saudaranya dan mulai merencanakan pembunuhan. Ia kemudian membunuh saudaranya dengan cara dimutilasi dan disebarkan ke pelosok dunia. Sang istri mengumpulkan potongan tubuhnya, membalsemnya dan kemudian membuat Osiris menjadi mumi pertama. Kemudian Isis melahirkan anak bernama Horus yang geram atas kematian ayahnya dan berniat balas dendam. Mereka pun bertemu dan pertarungannya melegenda di mesir kuno.

Seth menusuk sebelah mata Horus dan Horus mengibir Seth.

 

3. Griffin

Salah satu makhluk keramat yang dipercaya hidup pada jaman mesir kuno. Makhluk ini juga menjadi salah satu makhluk mitologi paling terkenal di dalam mitologi Mesir. Griffin atau Griphon digambarkan sebagai makhluk berbadan singa tetapi berkepala dan berkaki depan burung. Singa seperti yang kita ketahui adalah raja hutan, sedangkan elang adalah raja udara. Karena Griffon campuran dari kedua makhluk tersebut, Griffin diakui sebagai “Raja udara dan Raja hewan buas diseluruh wilayah.”

Griffin sudah menjadi cerita atau legenda masyarakat selama lebih dari puluhan tahun. Griffin juga diketahui berasal dari dataran mesir kuno dan sudah menjadi hewan keramat bagi dewa matahari mesir yaitu Ra. Ra diketahui sering mengendarai Griffin untuk menjaga dataran dari para pencuri yang ingin mengambil harta mereka. Mereka juga muncul dalam mitologi Yunani Kuno sebagai kendaraan Dewa Apollo dan Mitologi India sebagai penjaga harta karun melimpah

Makhluk ini diceritakan memilik harga diri yang tinggi karena dikisahkan Alexander Agung mencoba menaiki sang Griffin. Ia juga adalah makhluk arogan.

Baca juga :  Dewa Mesir Paling Terkenal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *