Mitos Tentang Ibu Hamil

Mitos Tentang Ibu Hamil

Kehamilan merupakan kabar bahagia bagi pasangan maupun keluarga pasangan tersebut. Kehamilan menandakan akan adanya anggota keluarga baru yang datang ke dunia. Maka dari itu mereka yang baru menikah akan menantikan momen kehamilan karena sangat ditunggu – ditunggu. Siapa sih pasangan yang tidak mau dikaruniai dengan buah hati nan lucu? Namun ternyata seorang ibu hamil memliki banyak pantangan mulai dari dunia medis maupun dunia gaub.

Mitos – mitos tentang ibu hamil ternyata sudahberkembang di masyarakat dan sudah menjadi rahasia umum. Mereka pun percaya akan mitos tersebut karena mereka berpikir lebih  baik mengikuti daripada harus terjadi sesuatu pada anak – anaknya. Tentu saja walaupun terdengar sederhana, ibu – ibu pasti ketakutan dengan konsekuensi mitos tersebut apabila tidak dijalankan. Mulai dari pantangan dalam memelihara hewan sampai harus menyediakan barang yang bisa mengusir roh halus.

Berikut adalah Mitos Tentang Ibu Hamil.

1. Dilarang Keras Memelihara Kucing

Dilarang Keras Memelihara Kucing

Siapa yang tidak mau memelihara hewan lucu berbulu ini dirumah anda? Apalagi kucing diketahui sebagai salah satu hewan yang bisa menghilangkan stress majikannya. Namun jika anda ibu hamil, anda akan bersedih karena tidak bisa memelihara makhluk lucu ini. Di Indonesia terdapat sebuah mitos yang melarang para ibu  hamil memelihara kucing. Hal ini diakibatkan kucing dikatakan sebagai sumber virus tokos yang membahayakan ibu hamil.

Namun mitos ini hanyalah mitos belaka. Sebenarnya tidak masalah jika anda ingin memelihara kucing walaupun sedang mengalami kehamilan. Jika anda ingin memelihara kucing, cukup dengan sering membersihkan kucing tersebut dan rumah anda. Virus tokso sendiri berasal dari kotoran kucing tersebut. Jadi sudah jelas mana yang harus dijauhi, kotorannya atau kucingnya. Dengan begini anda para ibu  hamil dapat memelihara kucing asalkan anda tetap menjaga kebersihan kucing tersebut.

2. Tidur Dengan Gunting

Tidur Dengan Gunting

Sudah menjadi hal sangat biasa jika anda seorang warga Indonesia mendengar tentang mitos ini. Jika anda seorang  ibu hamil atau suami dari ibu hamil, pasti anda pernah disuruh untuk menaruh gunting dibawah bantal sebelum tidur. Para orang tua yang masih menghormati budaya, kerap menyuruh para ibu hamil menaruh gunting di bawah bantal. Hal ini dikarenakan saat sedang hamil, janin dari ibu hamil tersebut kerap menjadi incaran para makhluk halus yang mengerikan.

Janin mereka yang khususnya berumur 7 bulan merupakan makanan sempurna bagi makhluk jadi – jadian bernama kuyang. Kuyang sangat takut terhadap gunting maka dari itu para orangtua kerap menasihati para ibu hamil untuk selalu menaruh gunting di bawah bantal. Gunting yang ditaruh dibawah bantal juga merupakan senjata yang ampuh dalam mengusir makhluk halus bernama kuntilanak. Mereka percaya bahwa gunting itu bisa membuat kuntilanak teringat tentang bagaimana ia mati.

3. Makanan Menentukan Gender

Makanan Menentukan Gender

Ada juga mitos dimana kita bisa tau gender anak kita dari kebaisaan makan ibunya ketika hamil. Ada sebuah mitos dimana jika sang ibu suka memakan daging maka anak yang akan lahir nanti adalah laki – laki. Sedangkan jika sang ibu lebih suka memakan sayuran, maka sudah dipastikan jika anak yang lahir nantia dalah perempuan. Ternyata mitos ini merupakan sebuah hoax yang tidak bisa ditelan mentah – mentah. Jika hal itu terjadi, ibu hamil tersebut sedang mengalami ngidam.

Menurut penelitian medis, sudah jelas bahwa penentuan kelamin saat masih di dalam perut terjadi akibat kromosom yang tidak ada hubungannya sama sekali. Kromosom X dan Y akan terbentuk saat sperma dan sel telur bertemu. Jadi jika anda mendengar mitos ini dan ada yang mempercayainya, segera bantah dan menyarankan orang tersebut untuk makan sesuai kemauannya jangan sampai termakan oleh hoaks ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *