Mitos Mitos yang Muncul Pada Malam Hari

Mitos Mitos yang Muncul Pada Malam Hari

malam hari merupakan waktu dimana manusia menghentikan segala aktivitasnya. Mereka akan beristirahat dan akan menghentikan semua aktivitas mereka dari siang. Bumi sendiri memiliki sistem rotasi yang menyebabkan adanya pergantian waktu selama 24 jam. Di dunia kita, terdapat waktu 12 jam siang dan 12 jam malam. Mayoritas orang akan beristirahat ketika waktu sudah gelap dan tidur. Tapi tahukah anda ada beberapa mitos yang beredar ketika matahari sudah mulai terbenam?

Mereka yang menjalani aktivitas pada malam hari seringkali mendengar mitos – mitos yang beredar pada malam hari. Kita sebagai manusia kadang menganggap itu sebagai guyonan belaka atau ada yang menganggap itu serius. Mitos – mitos yang terjadi pada malam hari biasanya tak jauh – jauh dari yang berbau dengan makhluk tak kasat mata. Mereka juga dipercaya akan aktif jika hari sudah mulai gelap dan sunyi. Kita sebagai manusia boleh mempercayainya atau tidak sama sekali, tergantung kepercayaan kita.

Berikut adalah Mitos Mitos yang Muncul Pada Malam Hari.

1. Suara Anak Ayam Pada Malam Hari Pertanda Kuntilanak

Suara Anak Ayam Pertanda Kuntilanak

Kuntilanak merupakan sosok makhluk tak kasat mata yang kerap kita temui di Indonesia. Dia merupakan salah satu hantu paling terkenal yang pasti setiap orang mengenal sosok mengerikan ini. Ciri khas dari si kuntilanak adalah suara tertawa yang melengking atau suara menangis yang sangat nyaring. Dikarenakan merupakan hantu yang terkenal di Indonesia, Kuntilanak memiliki beberapa mitos sendiri yang melekat pada kuntilanak. Masyarakat juga sudah tidak asing dengan mitos – mitos ini.

Pernahkah orangtua anda memperingatkan untuk segera berhenti bermain atau segera pulang kerumah jika mendengar suara anak ayam pada malam hari? Suara anak ayam memang memberi kesan lucu karena anak ayam sangat lucu. Tapi jika terdengar pada malam hari, itu akan memberikan kesan mengerikan. Masyarakat jaman dahulu percaya bahwa jika terdengar anak ayam pada malam hari, terdapat sosok kuntilanak yang berada di sekitar mereka. Hal ini sudah menjadi kepercayaan pada jaman dahulu dan sampai sekarang masih dipercaya.

2. Jam 3 Subuh Adalah Batas Manusia Beraktivitas.

Jam 3 Subuh Adalah Batas Manusia Beraktivitas.

Jam 3 subuh memang sudah sangat larut dan seharusnya manusia menghentikan segala macam aktivitas dan pergi beristirahat. Tapi pernahkah anda merasak hal yang berbeda seperti lebih takut ketika anda terbangun pada jam 3 subuh? atau merasa ada yang memperhatikan anda di pojok ruangan ketika waktu memasuki jam 3 subuh? Ternyata waktu jam 3 subuh memiliki banyak mitos yang berhubungan erat dengan makhluk halus. Percaya tidak percaya, jam 3 subuh memang sedikit merngerikan.

Menurut masyarakat Indonesia, jam 3 subuh merupakan batas terakhir manusia beraktivitas karena pada jam – jam tersebut aktivitas gaib sedang aktif – aktifnya. Dipercaya bahwa banyak makhluk halus akan mengganggu orang – orang yang masih beraktivitas pada jam – jam tersebut. Walaupun begitu, hal ini sebenarnya berkaitan dengan tata krama dimana lebih baik istirahat daripada masih beraktivitas pada jam tersebut. Hal pertama karena takut menganggu orang sekitar, kedua karna tubuh anda butuh istirahat.

Karena hal inilah muncul mitos – mitos seperti ini.

3. Ayam Berkokok di Malam Hari

Ayam Berkokok di Malam Hari

Pernahkah anda sedang ingin terlelap lalu mendengar adanya ayam berkokok pada malam hari? Biasanya ayam akan berkokok pada pagi hari menjelang matahari terbit. Ternyata hal ini adanya mitosnya. Mitos – mitos ini ternyata sudah dikenal baik oleh orang Indonesia. Mitos yang pertama bila anda mendengar ayam berkokok adalah adanya perempuan yang hamil di luar pernikahan. Ayam yang membawa pertanda ini biasanya akan berkokok pada jam 10 malam.

Namun jika sang ayam berkokok pada tengah malam, ayam tersebut konon sedang diganggu dari makhluk gaib. Hal ini masih menjadi perdebatan karena ada mitos lain yang mengatakan jika ayam berkokok pada malam atau dini hari, ayam tersebut sedang melihat para malaikat. Semakin banyak ayam yang berkokok dan saling bersahutan maka semakin banyak sosok malaikat yang ditemui ayam tersebut. Memang benar bahwa dini hari adalah waktu yang baik untuk memanjatkan doa khususnya orang muslim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *