Mitos Mengerikan Tentang Cermin

Mitos Mengerikan Tentang Cermin

Cermin merupakan benda yang sudah sangat umum kita jumpai dimanapun kita berada. Hampir semua tempat di belahan dunia memiliki cermin yang digunakan dengan berbagai macam cara. Ada yang digunakan sebagai alat rias, ada yang digunakan oleh alat cukur, ada yang digunakan sebagai spion dan masih banyak lagi. Cermin sendiri adalah sebuah benda yang terbuat dari material kaca yang sifatnya dapat memantulkan bayangan sehingga terjadi refleksi. Kaca sudah ada sejak jaman dahulu kala.

Kaca yang bisa merefleksikan bayangan seseorang ini memang sedikit seram bila anda menatapnya lama pada malam hari dengan kondisi gelap. Di kaca tersebut seakan – akan memiliki dunia yang beda versi dari dunia yang kita tinggali saat ini. Ya ternyata memang benar kaca memiliki banyak mitos yang berhubungan dengan dunia supranatural. Banyak cerita dan mitos yang berkembang dari kaca yang pernah dianggap oleh masyarakat sebagai media untuk berkomunikasi dengan Makhluk tak kasat mata.

Berikut adalah Mitos Mengerikan Tentang Cermin.

1. Terdapat Dimensi Lain Dibalik Kaca

Terdapat Dimensi Lain Dibalik Kaca

Jika anda bercermin atau anda memiliki cermin dirumah, cobalah anda lihat kecermin. Anda dan apa yang ada di sekitar anda akan langsung tereflesikan  seakan membentuk dunia yang baru. Hal ini menginspirasi sebuah film berjudul Alice in Wonderland yang menjadikan kaca sebagai portal untuk berpergian ke dimensi lain. Dibalik itu semua, cermin memang dipercaya oleh orang – orang khususnya orang jaman dahulu bahwa cermin adalah pintu yang dapat mengantar kita ke dunia sebrang.

Hal ini memang menjadi perdebatan bahkan menjadi konspirasi. Banyak orang yang mencoba membuktikan teori ini tapi tidak ada yang berhasil dan tetap menjadi mitos. Jika anda menatap cermin terlalu dengan keadaan kosong dan keadaan ruangan gelap dan sepi, konon katanya anda akan terseret ke dunia dibalik cermin tersebut. Mitos lainnya adalah dunia yang berada di balik cermin merupakan dunia yang 180 derajat berbeda dari dunia kita. Misalkan jika di dunia asli kita baik maka di dunia cermin kita jahat.

2. Bayi Dilarang Menatap Cermin

Bayi Dilarang Menatap Cermin

Bayi merupakan sosok yang sangat penasaran akan satu hal dengan hal lainnya. Mereka akan terus memainkan benda tersebut untuk memenuhi rasa penasarannya. Hal ini tentu saja berlaku pada cermin yang pasti bisa membuat sang bayi menjadi  penasaran. Tapi tahukah anda ada sebuah mitos yang melarang bahwa kita untuk membawa bayi kita bercermin? Mitos tentang bayi tidak boleh bercermin ternyata sudah dikenal dengan baik diseluruh dunia dan pasti ada alasannya.

Sosok bayi merupakan sosok polos dan suci yang konon bayi masih mempunyai indra ke 6. Mereka yang belum berumur 5 tahun masih bisa melihat sosok tak kasat mata tersebut. Indra ini akan perlahan – lahan tertutup seiring bertambanhnya usia. Nah dari sinilah muncul kepercayaan untuk tidak membawa bayi kita bercermin karena indra ke 6 nya belum tertutup. Leluhur kita takut karena sang bayi bisa saja berinteraksi dengan makhluk halus dan diperdaya atau dirasuki oleh makhluk jahat tersebut.

3. Roh Terperangkap Dalam Cermin

Roh Terperangkap Dalam Cermin

Jika tadi bayi yang tidak boleh menatap cermin karena takut berinteraksi dengan dunia sebrang, ternyata orang dewasa juga memiliki pantangan untuk tidak menatap cermin terlalu lama. Namun mitos untuk orang dewasa tidak seketat larangan bayi menatap cermin. Para orang dewasa baru akan dilarang menatap cermin lama – lama pada saat ada orang yang meninggal dirumahnya. Mitos ini ternyata mempunyai cerita yang sudah cukup kuno dibelakangnya.

Berawal dari masyaralat Gypsy yang selalu menutup atau menyembunyikan cermin atau apa saja yang dapat merefleksikan bayangan ketika ada yang meninggal dirumahnya. Hal ini merupakan salah satu kepercayaan mereka ketika ada yang meninggal, roh orang yang meninggal tersebut akan masuk dan terperangkap di cermin itu. Hal ini menjadikan salah satu pamali baru bagi masyarakat sana dan terus dilakukan untuk menghormati orang yang sudah meninggal.

Orang dewasa yang menatap terlalu lama juga konon akan bisa melihat roh orang mati tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.