MISTERI PANTAI SELATAN DI INDONESIA

MISTERI PANTAI SELATAN DI INDONESIA

Pantai Selatan merupakan tempat wisata yang berada di kawasan kabupaten kepulauan seribu, pantai selatan juga di kenal sebagai pantai dengan ombak yang cukup besar, pantai selatan ini juga memiliki bibir pantai yang luas dan memiliki pasir yang putih dan lembut, pantai selatan sendiri juga memiliki pemandangan atau view yang sangat indah dan pantai selatan ini adalah salah satu wisata yang paling recommended untuk di kunjungi, namun di balik keindahan pantai selatan ini tersimpan beberapa mitos atau cerita yang cukup menyeramkan atau memiliki kisah yang cukup mistis untuk di bahas. Pantai selatan sendiri juga memiliki tokoh yang popular di dalam nya. Kanjeng ratu kidul atau sering di sebut sebagai nyi roro kidul, nyi roro kidul ini di percaya sebagai penguasa lautan pantai selatan (Samudera Hindia) mitos ini sangat di percaya oleh suku sunda, suku jawa hingga orang bali juga mempercayai atau meyakini adanya sang ratu pantai selatan ini.

nyi-roro-kidul

Nyi roro kidul sendiri sering di gambarkan sebagai ratu yang cantik dan senang memakai baju berwarna hijau. Mitos atau rumor – rumor yang beredar adalah saat kita berkunjung ke pantai selatan atau berwisata ke pantai selatan kalian tidak boleh memakai baju berwarna hijau, konon katanya jika kalian mengenakan pakaian berwarna hijau sang ratu nyi roro kidul akan menyukai kalian dan kemungkinan sang ratu akan mengambil jiwa kalian dan menjadikan kalian sebagai abdi nya.

Tidak hanya mitos pakaian berwarna hijau, pantai selatan memiliki beberapa mitos atau rumor – rumor yang menyelimuti kawasan pantai selatan ini.

Di kawasan pantai selatan ini memiliki mitos atau rumor tentang suara gamelan yang memecahkan keheningan di malam hari. Buat kalian yang tinggal di daerah pantai selatan pasti sudah tidak asing lagi

Dengan mitos ini, konon katanya mitos ini bercerita tentang sang ratu nyi roro kidul yang sedang melakukan perjalanan menuju gunung merapi. Beberapa warga juga pernah mendengar suara gamelan pada dini hari, padahal pada hari warga tidak ada yang memainkan alat music gamelan. Bagaimana apakah percaya dengan mitos yang satu ini?

parangtritis

Mitos selanjutnya adalah Parangtritis adalah gerbang gaib untuk menghubungkan dunia nyata dengan kerajaan Pantai selatan atau kerajaan nyi roro kidul. Kabarnya Bukan hanya parangtritis saja yang dapat menghubungkan dimensi nyata ke kerajaan pantai selatan ini,  ada beberapa kawasan yang di percaya juga adalah sebagai gerbang gaib, salah satu nya adalah Pelabuhan Ratu, Hotel Inna Samudra, Pantai sembukan, Kraton Surakarta hadingrat, hingga kawasan vihara kalyana mitta.

ritual-kejawen

Mitos selanjutnya adalah Ritual Kejawen, ritual kejawen ini merupakan ritual sedekah laut. Warga yang tinggal di daerah pantai selatan percaya kalau melakukan ritual kejawen ini, masyarakat akan di berkah kan kemakmuran. Ritual kejawen ini biasanya dilakukan oleh nelayan pesisir, masyarakat hingga anggota kerajaan pada zaman nya. Mitos ini di percaya untuk membuang sial dan menghindari musibah. Menurut kita sebagai pengunjung ritual sedekah lautan ini akan terlihat biasa saja, tapi bagi mereka warga atau masyarakat yang tinggal di daerah pantai selatan hal ini sangat mistis dan magis.

Pesugihan atau meminta tumbal manusia adalah salah satu mitos yang beredar di kawasan pantai selatan, karena banyak orang yang mempersembahkan tumbal berupa nyawa manusia untuk sang ratu nyi roro kidul, biasanya tujuan dari pemberian tumbal ini adalah kekayaan atau harta  hingga kemakmuran, orang yang mengajukan permintaan harus melakukan ritual khusus dengan cara mempersembahkan sesajen dan pesugihan yang terkadang dapat berupa manusia.

Bagaimana, apa kalian percaya dengan mitos yang beredar di kawasan pantai selatan tersebut? Mitos yang beredar di pantai selatan biasanya di gunakan sebagai cerita penghantar tidur, bagi kalian yang sedang berwisata ke daerah pantai selatan sebaiknya bisa lebih menghormati peraturan atau adat yang sudah berkembang di sana. Karena pada dasar nya sebuah mitos ada cerita ya melegenda yang mungkin saja cerita yang nyata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.