Makhluk Mitologi Paling Terkenal

Makhluk Mitologi Paling Terkenal

Dunia yang penuh cerita ini memiliki banyak mitos – mitos atau legenda yang menarik untuk didengarkan. Para makhluk yang eksistensinya masih dipertanyakan ini sering menjadi cerita rakyat yang akhirnya tersebar lewat mulut ke mulut. Setiap negara di dunia ini mempunyai berbagai cerita mitologi masing – masing. Contohnya saja Indonesia yang mempunyai burung garuda yang merupakan burung mitologi. Burung garuda juga dijadikan sebagai lambang negara.

Di negara lain pun begitu, mereka mempunyai berbagai mitologi – mitologi menarik. Sebagai contoh eropa dengan para Elf nya, Yunani dengan para dewanya, China dengan naganya dan banyak lagi. Bahkan makhluk – makhluk tersebut sering berakulturasi dengan budaya – budaya setempat. Seperti China yang khas dengan hewan naganya di setiap kebudayaanya. Keberadaan makhluk – makhluk tersebut masih menjadi misteri.

Berikut adalah beberapa makhluk mitologi yang paling terkenal.

 

1. Elf

Elf atau yang biasa dikenal sebagai peri ini adalah ras dewa kesuburan dalam mitologi jerman. Mereka tinggal di bagian – bagian yang masih asri, tenang seperti gunung, danau, rawa dan air terjun. Mereka dikenal sebagai sosok yang mempesona. Peri sendiri memiliki banyak versi dalam setiap cerita. Saking terkenalnya mitologi elf, banyak game – game dan film – film terkenal yang mengadaptasi sosok dari elf tersebut. Sebut saja The Lord of The Rings.

Elf dicirikan sebagai makhluk kecil bersayap yang tinggal dihutan atau yang paling populer adalah seseorang yang berwujud seperti manusia namun berwajah sangat cantik atau tampan. Telinga yang runcing memanjang membedakan elf dari manusia biasa. Mereka juga konon berumur sangat panjang sampai bisa beratus – ratus tahun. Ada yang menceritakan bahwa sosok elf sering menculik para pria yang berhati busuk.

Sosok Elf mulai dikenal dunia sejak populernya film The Lords of The Rings dan film – film animasi jepang.

 

2. Naga

Siapa yang tak tahu sosok legendaris berwujud kadal bersayap ini? Semua orang pasti sudah tau dengan mitologi naga. Makhluk satu ini sudah akrab di telinga kita dan ceritanya sudah tersebar di seluruh dunia. Makhluk besar dengan wujud kadal memiliki sayap ini terbang dilangit sambil mengeluarkan nafas apinya yang melegenda. Film – film dan game – game bertemakan naga sudah tak terhitung lagi jumlahnya di dunia ini.

Mitologi naga dibagi menjadi dua menurut daerah mereka masing – masing. Yang pertama adalah naga versi china. Naga versi Cina digambarkan sebagai makhluk sakti dengan bentuk tubuh lebih seperti ular dan melayang – layang diudara tidak menggunakan sayap. Naga Cina juga dipercaya oleh masyarakat sana sebagai makhluk pembawa hoki. Sedangkan naga eropa berbentuk kadal raksasa dengan kedua sayap yang sangat besar. Naga di Eropa merupakan makhluk ganas yang digunakan untuk berperang atau diburu.

Cerita naga sudah ada sejak jaman Yunani Kuno.

 

3. Phoenix

Phoenix merupakan burung raksasa dengan api disekujur tubuhunya. Phoenix dipercaya sebagai burung abadi dan dijadikan simbol keabadian. Cerita burung ini berasal dari mitologi mesir kuno yang menganggap burung ini keramat. Burung Phoenix digambarkan berwarna merah keemasan yang jika terbang terlihat seperti kobarn api. Cerita – cerita burung Phoenix sudah diadaptasi ke berbagai media seperti film, game bahkan buku cerita.

Diceritakan bahwa burung ini bisa hidup sampai 500 tahun atau paling lama 1461 tahun. Ternyata umur selama itu bukan akhir bagi burung satu ini. Ia kan membakar sendri tubuhnya jika sudah mecapai batas dan dari abunya muncul sebuah buruh Phoenix muda atau ada yang bilang juga menjadi telur lagi. Siklus hidup yang dijalani burung ini terus menerus seperti itu atau biasa disebut reinkarnasi. Ia akan membuat sarang sebelum proses reinkarnasi dimulai dan menunggu sang sinar matahari membakar tubuhnya sampai menjadi debu.

Karena hal inilah burung Phoenix disimbolkan sebagai keabadian bagi banyak orang.Burung ini juga dijadikan beberapa nama tempat di berbagai dunia. Burung Phoenix juga digambarkan sebagai salah satu simbol dewa mesir, yaitu dewa matahari, Ra

Baca juga : Kecelakaan Pesawat Paling Mengerikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.