Makhluk – Makhluk Mitologi Yunani

Makhluk – Makhluk Mitologi Yunani

Selain terkenal akan dewa – dewinya, mitologi Yunani Kuno terkenal akan banyaknya makhluk – makhluk mitologi yang luar biasa. Mereka biasanya merupakan anak dari para dewa – dewi atau juga anak – anak dari monster – monster. Dari mereka ada yang mengabdikan diri kepada dewa – dewi Olympus, menjadi peliharaan para pahlawan atau menjadi musuh alami dari pahlawan dan juga membawa malapetaka.

Mereka adalah perwujudan dari anak – anak para dewa yang terkadang tidak diakui oleh orang tua mereka dan dilemparkan ke bumi. Ada juga yang lahir dari perut “Ibu dari segala monster” yang  sudah pasti akan membawa bencana bencana. Mereka yang membawa bencana akan dikalahkan oleh para pahlawan Yunani yang ditugaskan melindungi umat manusia. Kemampuan makhluk – makhluk ini pun tak bisa dianggap remeh. Rata – rata dari mereka dikalahkan oleh Hercules dalam 12 tugasnya.

Berikut adalah beberapa makhluk mitologi dari Yunani Kuno paling terkenal.

 

1. Hydra

1. Hydra

Makhluk yang berwujud seperti naga ini merupakan sebuah monster yang mengerikan. Digambarkan mempunyai wujud naga berkepala sembilan yang memiliki darah sangat mematikan. Setiap kali para penantang melawannya dan memotong salah satu bagian kepalanya, Hydra akan langsung menumbuhkan 2 kepala langsung. Selain kepalanya yang terus bertambah, darah Hydra yang mengucur juga dapat menjadi racun yang sangat mematikan.

Diceritakan ada sebuah pahlawan Yunani bernama Hercules mendapatkan 12 tugas suci. Pada tugas ke – 2 iya ditugaskan mengalahkan monster berkepala sembilan ini. Berhabitat di Danau Lerna, konon Hydra menjaga pintu menuju dunia bawah. Hercules menghampiri sarang makhluk tersebut dan tanpa pikir panjang mereka langsung berduel. Awalnya herakles kesulitan namun ia membawa sebuah obor untuk membakar bekas potongan kepala agar tidak bisa beregenerasi lagi dan Hydra pun tewas.

Hercules pun mencelupkan semua anak panahnya dan membuat ia mempunyai senjata mematikan dari darah Hydra tersebut. Dan suatu hari ternyata Hercules mati akibat anak panah tersebut akibat kelalainya sendiri

 

2. Pegasus

2. Pegasus

Pegasus merupakan sebuah kuda legendaris yang kita semua kenal. Kuda putih indah dengan sayap lebar di kedua  sisi tubuhnya ini bisa terbang jauh ke langit. Sosok pegasus sering muncul dalam film, kartun anak – anak, hingga novel – novel terkenal. Pegasus digambarkan sebagai kuda putih bersayap yang sering ditunggangi pahlawan dan bertugas membawa petir Zeus ke Olympus. Kuda ini juga yang menemani seorang pahlawan Yunani legendaris dalam tugasnya membunuh seekor monster malapetaka, Chimera.

Pegasus sendiri merupakan anak dari 3 dewa besar Olympus yaitu Poseidon. Namun sayang, pegasus lahir dari hubungan terlarang Poseidon dan Medusa. Ia lahir karena Medusa diperkosa oleh Poseidon dan mengakibatkan Medusa dikutuk menjadi Monster. Kuda ini dikenal luas di berbagai kalangan masyarakat karena kadang sering muncul dalam karya – karya. Kisah pegasus yang paling terkenal adalah saat ia dan Bellerofon bertarung bersama melawan Chimaera dan bangsa Amazon.

Pegasus juga pernah membawa petir Zeus karena Zeus menyuruhnya untuk dibawa ke Olympus.

 

 

3. Cerberus

3.Cerberus

Cerberus merupakan anjing legendaris penjaga pintu neraka yang dikenal akan keganasannya. Anjing ini digambarkan berkepala tiga dan mengeluarkan nafas api. Masing – masing dari kepala mereka juga mewakilkan waktu. Yaitu masa lalu, masa sekarang dan juga masa depan. Cerberus merupakan perliharaan dari Dewa penguasa dunia bawah, Hades. Ia adalah yang paling setia dan ditugaskan oleh hades sebagai penjaga pintu masuk.

Cerberus akan membiarkan para roh orang mati melewati gerbang dunia bawah dan akan memakan siapapun yang masih hidup. Cerberus harus mengakhiri nyawanya saat ia bertemu dengan pahlawan Hercules yang sedang menyelesaikan 12 tugas sucinya itu. Hercules ditugaskan untuk membawa satu kepala Cerberus tetapi dengan syarat, harus melawan anjing mengerikan tersebut dengan tangan kosong satu lawan satu. Hercules pun akhirnya bertarung dengan Cerberus habis – habisan.

Akhirnya Cerberus dikalahkan di tangan Hercules dan Hercules mengambil salah satu kepalanya dan diserahkan kepada Eurystheus. Namun, akhirnya dikembalikan kepada sang tuannya yaitu Hades.

Baca juga : Dewa – Dewa Terkuat Yunani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.