MAKHLUK GAIB BERNAMA KUYANG

MAKHLUK GAIB BERNAMA KUYANG

Ini bukan pertama kali publik di hebohkan dengan makhluk gaib satu ini. Penampakan kuyang berapa kali di laporkan khususnya di KALIMANTAN.

Kisah kuyang memang tidak seterkenal seperti POCONG, KUNTILANAK, TUYUL ataupun makhluk lainnya yg ada di INDONESIA.

namun di indonesia sendiri kisah hantu ini cukup terkenal dan sudah dibuatkan film, antara lain kuyang the movie yg baru-baru ini sudah diangkat ke layar lebar indonesia.

kuyang bercerita tentang makhluk mengerikan yg menghisap darah ibu hamil.

 

                                                                                                                                 berikut gambar ilustrasi

Kuyang adalah seorang wanita yang mendalami ilmu hitam agar awet muda dan disayang suami. Agar ilmunya makin matang, ia memangsa darah dan bayi yang akan dilahirkan. Dia mencari mangsa di malam hari dengan cara terbang. Ada pula kisah yang menceritakan jika kuyang hanya mengisap ari-ari janin dan darah pada wanita.

Konon, pada wanita yang tengah hamil dan berada di Kalimantan, ia harus tidur dengan menggunakan kelambu agar tidak didatangi kuyang. Sementara itu pada gadis, harus membuang pembalut sewaktu datang bulan dengan baik dan benar agar tidak diganggu kuyang.

Hantu kuyang cukup terkenal di kalimantan, kuyang memiliki wujud yang mengerikan, yaitu berkepala wanita dengan rambut yang panjang dan organ tubuh yang menggantung, terpisah dari tubuhnya. Orang kalimantan juga yakin bahwa kuyang takut dengan bawang merah, terlebih dengan bawang merah tunggal. Selain itu, makhluk jadi-jadian ini juga takut dengan cermin, sisir, pisau dan rumput jariangau. Untuk menghindari gangguan kuyang, orang-orang sering meletakkan benda-benda tersebut di dekat seorang ibu yang baru melahirkan atau bayi yang baru dilahirkan.

Pada umumnya, orang Kalimantan juga menggunakan tali ijuk sebagai tali ayunan bayi yang di-pukung (dibedong sehingga menutup bagian leher dan hanya kelihatan bagian wajah-kepala). Tujuannya, untuk mencegah dan menghindari gangguan kuyang dan makhluk halus.

Untuk membunuh kuyang, seseorang harus menemukan tubuh bagian bawah yang ditinggalkannya. Setelah mendapatkannya, orang harus memasukkan benda-benda tajam di sambungan lehernya. Hal itu akan membuat kuyang tidak bisa menyatu kembali dengan tubuhnya dan akan membuatnya mati lemas.

Menurut cerita, kuyang di Kalimantan punya minyak sakti yang disebut Minyak Kuyang, dalam bahasa setempat disebut Langa Kawiyang atau Minyak Kawiyang, Minyak Sumbulik atau Minyak Kuyang. Konon katanya, minyak tersebut adalah sumber kesaktian kuyang. Menurut mitos, manusia biasa yang terkena Minyak Kuyang itu bisa berubah menjadi mahkluk tersebut.

Baca selengkapnya di artikel “Apa Itu Hantu Kuyang? Berikut Sejarah, Mitos dan Legendanya”, https://tirto.id/f4yF

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.