Legenda Tuyul, Si Pencuri Uang

Legenda Tuyul, Si Pencuri Uang

Jika anda tiba – tiba kehilangan uang ataupun kehilangan barang berharga, jangan langsung meyalahkan orang rumah ataupun maling. Bisa saja ini adalah kerjaan salah satu makhluk halus berwujud anak kecil yang suka mencuri. Ya mereka adalah tuyul yang kerap digunakan oleh para manusia yang tidak bertanggung jawab. Mereka digunakan untuk mencuri harta – harta para orang kaya agar bisa kaya secara instan.

Di indonesia sendiri, kasus tuyul terbilang sudah populer. Pesugihan yang melibatkan tuyul sudah terkenal di kalangan pengguna ilmu hitam. Dengan melakukan kontrak dengan tuyul menggunakan dukun sebagai perantara, maka orang tersebut akan langsung mendapatkan tuyul sebagai peliharaan namun syarat yang harus dipenuhi juga tidak main – main.

Berikut adalah beberapa pembahasan tentang makhluk halus bernama tuyul ini.

 

1. Sejarah Tuyul

Sejarah Tuyul

Bermula pada 1952 – 1954 di Jawa Timur, Mojokerto diadakan penelitian antropolog yang membahas tentang makhluk halus di Jawa. Seorang tukang kayu membagi 3 jenis makhluk halus yang ada di jawa yaitu, memedi,tuyul dan lelembut. Dia juga menunjukan bahwa ada anak kecil berumur 3 tahun sedang menatap perbincangan mereka.

 

Ia mengatakan bahwa tuyul adalah makhluk halus yang tidak gemar menakuti orang –  orang disekitar. Bahkan sosok tersebut dipercaya disukai oleh manusia karena dapat membuat orang kaya. Ada cerita mereka didapatkan di daerah candi – candi kuno ataupun makam kuno. Dengan cara berkomunikasi maka tuyul pun akan didapatkan namun dengan syarat harus memberi seorang tumbal setiap satu tahun sekali

 

Tuyul dipercaya adalah seorang roh anak kecil yang mati saat masih di dalam kandungan. Ada juga yang mengatakan ia dibunuh saat masih kecil oleh ibunya sendiri.

 

2. Cara Menangkap Tuyul

Cara Menangkap Tuyul

Tuyul sudah dipercaya oleh kebanyakan orang indonesia bisa dipelihara. Bahkan cara memelihara tuyul bervariasi. Mulai dari datang ke dukun untuk meminta tuyul. Dukun tersebut akan mencari bayi korban aborsi lalu akan mengolekan balsem khusus. Jika tidak ingin ke dukun, kalian bisa mencari sarang tuyul lalu menangkapnya sendiri, tentu saja cara ini memiliki resiko yang tidak kecil

 

Setelah kamu menangkap tuyul, tentunya akan ada perjanjian yang dibuat antara anda dan tuyul. Mereka biasanya akan meminta sebuah tumbal manusia setiap tahunnya untuk dipersembahkan. Ada juga kasus dimana sang tuyul meminta darah seorang wanita di keluarga anda. Ia akan minta untuk menyusu kepada sang wanita namun yang mereka hisap bukan susu melainkan darah yang ia hisap.

 

Jika sudah memenuhi syarat diatas, tuyul akan menjalankan tugasnya dan mulai masuk ke rumah – rumah untuk mencari harta.

 

3. Cara Menangkal Tuyul

Cara Menangkal Tuyul

Walaupun tuyul terkenal akan kelicikannya dalam mencuri harta, namun ia masih bisa ditangkal dengan menggunakan beberapa cara. Menggunakan doa dengan kepercayaan masing – masing memang dapat mengusirnya, namun ada beberapa cara yang dipercaya ampuh dalam mengusir tuyul. Yang paling terkenal ada dengan menaruh yuyu di setiap sudut ruangan. Yuyu adalah spesies kepiting kecil yang dapat ditemukan di tanah bahkan di selokan.

 

Tuyul dipercaya sangat menyukai yuyu. Dengan menaruh di setiap ruangan rumah maka tuyul yang akan mencuri akan teralihkan perhatiaanya dan akan lupa dengan perintah majikannya karena bermain dengan yuyu. Atau bisa dengan menabur kacang – kacangan di lantai rumah anda maka tuyul akan kebingungan dan akan menghitung kacang tersebut sampai pusing.

 

Tuyul juga takut akan jarum, dengan menaruh jarum dibawah uang maka tuyul akan ketakutan pergi. Atau bisa menggunakan kaca, dengan meletakan di ruangan tempat anda menaruh harta tuyul pun tidak akan berani karena konon katanya tuyul takut dengan bayangan diri mereka sendiri.

 

4. Beberapa Hal Menarik Tentang Tuyul

Beberapa Hal Menarik Tentang Tuyul

Tuyul memiliki beberapa ciri khas yang membedakan mereka dari makhluk lain yang ada di indonesia, berikut beberapa ciri khas makhluk halus botak ini:

· Tuyul sangat tidak suka bila ia ditelantarka, ia bisa membunuh majikannya jika merasa sakit hati ataupun kecewa

· Mereka sangat penyemburu, ia akan tidak suka bila majikannya mempunyai bayi

· Kekuatan tuyul dapat meninggkat setiap tahun

· Mereka bersuara seperti anak ayam

Baca juga : Legenda Hantu Pocong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *