Kuda – Kuda Dalam Legenda Mitologi

Kuda – Kuda Dalam Legenda Mitologi

Kuda merupakan hewan yang dikenal dengan larinya yang cepat. Memiliki nama latin Equus caballus atau Equus ferus caballus merupakan salah satu dari hewan modern mamalia yang berasal dari genus Equus. Hewan kuda sudah ada sejak jaman dahulu kala dan merupakan salah satu hewan penting dalam sejarah. Ia merupakan bagian penting dalam sejarah ekonomi dan tentu saja dalam transportasi. Kuda bertanggung jawab dalam kemajuan alat trasnportasi karena kuda merupakan salah satu transportasi pertama.

Kuda juga merupakan hewan simbolis dalam sejarah. Tidak jarang kuda muncul sebagai makhluk mitologi dalam berbagai mitologi daerah. Dalam mitologi Yunani, kuda muncul sebagai makhluk yang lahir dari salah satu dari 3 dewa agung di Olympus. Di Jepang, kuda muncul sebagai makhluk hybrid suci yang akan menghukum para manusia yang berdosa. Hal ini membuktikan bahwa kuda adalah salah satu hewan penting dan bersejarah dalam peradaban manusia.

Berikut adalah Kuda – Kuda Dalam Legenda Mitologi.

1. Pegasus

Pegasus

Pegasus merupakan sosok kuda mitologi paling terkenal dalam sejarah. Hampir seluruh manusia di bumi mengenal pegasus karena sosok ini sendiri sudah diadaptasi ke banyak sekali karya seperti film, animasi, buku, novel, dongeng dan masih banyak lagi. Makhluk ini digambarkan sebagai seekor kuda yang memiliki bulu putih dan dua sayap lebar di masing – masing sisi tubuhnya. Pegasus konon merupakan tunggangan para pahlawan Yunani saat sedang menjalani tugas suci.

Pegasus sendiri berasal dari mitologi Yunani Kuno yang merupakan anak dari 3 dewa besar Olympus, Poseidon. Ia lahir dari ibunya Medusa tepat setelah Perseus memenggal kepala Medusa. Pegasus sudah dari jaman dahulu kala ditemukan dalam lukisan dan karya seni para pembuat seni di Yunani, Romawi dan juga Mesopotamia. Ia merupakan simbol hubungan para dewa dan iblis. Kisah paling terkenal dari Pegasus adalah ketika ia dan pahlawan Bellerofon melawan Chimera dan bangsa Amazon.

2. Unicorn

Unicorn

Diceritakan bahwa Unicorn merupakan kuda mitologi yang berasal dari India Kuno. Kuda ini terkenal akan simbol kemurniannya dan juga tanduk yang tumbuh di kepala sang kuda. Arti dari Unicorn sendiri berasal dari bahasa latin dengan penggabungan 2 kata yaitu Uni dan Cornu. Uni berarti satu dan Cornu berarti tanduk. Hal ini mempresentasikan wujud makhluk ini yaiut kuda dengan satu tanduk. Kuda Dalam Legenda Mitologi ini sudah seterkenal pegasus dalam mitologi Yunani.

Unicorn digambarkan sebagai kuda berbulu putih dengan tanduk beralur mirip seperti sekrup dengan ujung yang runcing. Unicorn kerap disimbolkan sebagai kesucian. Menurut Legenda Urban yang berasal dari tanah Eropa, Unicorn konon hanya bisa disentuh oleh seorang gadis perawan. Karya – karya tentang Unicorn sudah tersebar luas seperti dongeng, animasi, film dan masih banyak lagi. Mitologi hewan ini juga sudah tersebar ke berbagai penjuru dunia seperti China, India dan juga Eropa.

Kata Unicorn juga dipakai dalam sebuah bidang usaha yang sudah bernilai Rp. 14 Trilliun Rupiah atau US$ 1 Millyar.

3. Kirin

Kirin

Sebuah makhluk yang dianggap sakral bagi para penduduk Tiongkok ini sering disebut sebagai Unicorn Asia. Cerita Kirin pertama kali mucul pada abad ke – 5 di Asia timur. Ia digambarkan sebagai seekor kuda yang memiliki kepala berentuk naga dan memiliki tanduk. Kirin dianggap suci oleh orang – orang karena sifatnya yang bijaksana dan berwibawa. Ia sanggup bejalan diatas rumput tanpa membuat satu rumput pun bergoyang karena hentakan kakinya. Namun karena ia tidak mau merusak tanah, ia lebih sering berjalan diatas air.

Sebagai Makhluk yang suci, kekuatan Kirin dianggap sangat dahsyat. Kekuatan magisnya dapat mendatangkan badai petir yang bekepanjangan. Namun ia jarang melakukannya karena Kirin dianggap sebagai makhluk sebagai pelindung bencana. Ia hanya akan menghukum orang – orang yang berhati jahat dan akan berubah menjadi sangat ganas dan juga marah saat menemukan seseorang berbuat dosa dihadapannya.

Kirin juga muncul dalam mitologi – mitologi lain seperti jepang dan korea. Kirin sudah dijuluki sebagai Unicorn yang berdiam di Asia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *