Kisah Hantu Nian dan Perayaan Tahun Baru Imlek

Kisah Hantu Nian dan Perayaan Tahun Baru Imlek

Hantu Nian dan Perayaan ImlekImlek merupakan perayaan yang diperingati oleh sebagian besar orang Cina baik yang beragam Konghucu maupun lainnya. Baik yang ada di RRT maupun mereka yang terserak di seluruh dunia. Di sini rumah dan tempat sembayang akan dihias dengan berbagai ornamen serba merah.

Namun dibalik kemeriahan Imlek ada kisah mistis yang menakutkan. Bahkan kisah ini sudah menjadi cerita yang turun-temurun dibagi ke anggota keluarga.

Hantu Nian Pemakan Manusia

Menurut legenda Cina. Dahulu kala orang Tionghoa hidup dalam ketakutan karena ada makhluk astral berupa monster yang sering datang ke desa untuk memakan seseorang. Monster itu selalu datang saat pergantian tahun. Hal ini tentunya menimbulkan teror dan ketakutan pada masyarakat Tionghoa saat itu.

Karena kisah hantu ini, orang-orang menutup pintu dengan rapat dan menyembunyikan diri  setiap tahun baru. Sampai akhirnya suatu ketika seorang lelaki tua yang bijak menyarankan ide ke semua warga desa yang diteror oleh cerita hantu ini setiap tahun.

Dia mengatakan bukankah lebih baik jika mereka bisa bersatu untuk melawan dan mengusir hantu nian ini untuk selamanya daripada selalu bersembunyi dalam ketakutan?

Baca juga: 5 Film Vampir Cina Tahun 90an yang Menyeramkan

Alat Musik Keras dan Petasan untuk Mengusir Hantu Nian

Di sinilah misteri dibalik seramnya Tahun Baru Imlek tergantikan hingga kini. Dengan penduduk desa yang menyetujui gagasan itu, mereka kemudian mempersiapkan banyak hal untuk melawan ketakutan akan kemunculan monster nian.

Penduduk desa menimbun petasan dan banyak alat musik yang mengeluarkan suara keras (drum, simbal, dan lainnya). Penduduk desa sepakat satu sama lain untuk menyalakan petasan dan memainkan alat musik untuk mengusir monster ketika datang ke desa mereka.

Dan benar saja, ketika hantu nian monster ini datang ke desa pertama, warga melakukan aksinya dengan membakar petasan dan memainkan alat musik. Hantu Nian terkejut dan berlari kencang keluar desa.

Hal yang sama terjadi di desa berikutnya dan desa berikutnya di mana hantu ini datang secara bergantian.

Kisah Hantu Nian dan Perayaan Tahun Baru Imlek

Hantu Nian Berhasil ditaklukkan penduduk desa

Karena harus selalu lari dari satu desa ke desa lainnya. Hantu Nian dengan wujud monster yang mengerikan akhirnya kelelahan. Penduduk desa yang mengetahui hal ini tidak menyia-nyiakan kesempatan. Mereka kemudian menangkap dan membunuhnya bersama karena menyebarkan teror dengan memangsa orang-orang di desa setiap tahun.

Misteri di balik Tahun Baru Imlek tentang hantu menakutkan Nian yang dikalahkan dengan suara nyaring dan bunyi petasan inilah yang telah diwariskan dari generasi ke generasi dalam budaya Tionghoa.

Kegiatan warga desa untuk menaklukkan hantu nian ini diduga merupakan perayaan pertama tahun baru Imlek. Bahkan nama hantu “Nian” sendiri diartikan dalam bahasa Mandarin sebagai “Tahun”.

Itulah kisah misteri dibalik perayaan Tahun Baru Imlek.
Semoga bermanfaat.

Baca juga: 4 Perbedaan Antara Vampir Cina dan Vampir Barat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *