Kisah Dibalik Angpao dalam Perayaan Imlek

Kisah Dibalik Angpao dalam Perayaan Imlek

Kisah Dibalik Angpao dalam Perayaan Imlek – Angpao begitu identik dengan Imlek. Setiap perayaan Tahun Baru China selalu ada moment bagi-bagi angpao. Angpao sendiri adalah amplop berwarna merah yang berisi sejumlah uang.

Ada filosofi yang penuh makna dari angpao. Dalam bahasa Mandarin diartikan sebagai uang yang dibungkus dalam kemasan merah sebagai hadiah, bonus, atau uang yang diberikan penjual kepada pembeli yang telah membeli produknya.

Dalam tradisinya angpao atau hongbao diberikan oleh orang tua kepada anak-anak saat Imlek. Dua Dunia telah merangkum beberapa kisah dan fakta dibalik tradisi angpao itu sendiri.

Baca juga: 10 Sosok Hantu Populer di China yang Menyeramkan

Semula untuk Usir Roh Jahat

Dilansir dari Chinese New Year.net, dahulu kala ada makhluk mengerikan bernama Nian. Setahun sekali, dia akan keluar dari hutan di malam hari dan melahap seluruh desa. Langkah perlindungan Nian saat Malam Tahun Baru Imlek disulap menjadi perayaan Festival Musim Semi.

Orang tua juga akan memberikan uang kepada anak-anak malam itu. Dengan cara ini, anak-anak akan memiliki sesuatu untuk mengusir monster atau roh jahat lainnya.

Dalam cerita populer lainnya, ada setan bernama Sui. Pada Tahun Baru Imlek, dia akan datang dan menepuk kepala anak-anak saat mereka sedang tidur.

Untuk melindungi anak-anak mereka, para orang tua akan begadang sepanjang malam, menjaga mereka. Seorang suami dan istri kemudian memberikan koin kepada anaknya untuk dimainkan. Ketika dia tertidur, mereka meletakkan koin di samping bantal.

Pada tengah malam, angin yang menakutkan memadamkan lilin. Ketika Sui menangkap bocah itu, koin itu berkedip-kedip di kegelapan dan membuatnya takut. Keesokan harinya, pasangan itu membungkus koin dengan kertas merah untuk ditunjukkan kepada tetangga mereka.

Kisah di Balik Angpao dalam Perayaan Imlek

Orang yang Menerima Angpao

Ada dua jenis Angpao utama di Festival Musim Semi. Jika Anda seorang dewasa muda atau setengah baya, Anda harus menyediakan keduanya: untuk anak-anak Anda dan untuk orang lebih tua serta orang tua Anda.

Terlepas dari usia, kegiatan ini biasanya dilakukan antara keluarga dekat dan teman. Saat ini, Anda dapat memberikan amplop merah kepada hampir semua orang. Memberikan amplop merah kepada rekan kerja atau anak yang lebih tinggi adalah penggunaan umum untuk jejaring sosial. Atau hanya untuk bersenang-senang di antara teman dan kesopanan antar kenalan.

Itulah kisah dibalik angpao yang biasanya diberikan pada Imlek atau Tahun Baru China.
Semoga bermanfaat.

Baca juga: Misteri Dibalik Lagu GongXi GongXi yang Diputar Saat Imlek

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.