Kesatria Nusantara yang Hilang Secara Misterius

Kesatria Nusantara yang Hilang Secara Misterius

Kerajaan Nusantra memang memiliki banyak sekali sejarah yang sangat panjang hingga berusia ratusan tahun. Dalam jangka waktu sepanjang itu, sudah terukir banyak sekali sejarah dan peristiwa di dalamnya. Sejarah mereka lalu diturun – temurunkan hingga akhirnya bisa kita dengar dan baca. Bagi sebagian rakyat Indonesia jaman sekarang, mungkin mereka kenal sejumlah tokoh penting yang membela dan bertarung dalam masa – masa perang kerajaan sebagai pendekar atau kesatria.

Kesatria – kesatria ini diceritakan mempunyai kekuatan yang amat luarbiasa dalam hal pertarungan maupun kesaktian. Mereka pasti memiliki cerita tentang pertarungan mereka atau cerita tentang bagaimana bisa memiliki kekuatan seperti itu. Namun dari mereka semua, banyak yang moksa. Moksa sendiri memiliki pengertian hilang tanpa jejak yang dimana jasadnya sekalipun tidak bisa ditemukan. Konon para kesatria yang telak moksa, mereka bergabung ke alam gaib dengan berbagai alasan.

Berikut adalah Kesatria Nusantara yang Hilang Secara Misterius.

1. Prabu Jayabaya

Prabu Jayabaya

Prabu Jayabaya atau yang biasa dikenal dengan Raja Jayabaya oleh rakyat Indonesia merupakan salah satu Kesatria Nusantara yang Hilang Secara Misterius. Raja Jayabaya merupakan pewaris tahta dari Prabu Erlangga. Prabu Erlangga membangi 2 wilayah kepada anaknya yaitu Wilayah Kediri untuk Jayabaya dan Wilayah Daha untuk adiknya, Jayasaba. Kedua adik kakak ini terus berperang untuk mendapatkan kekuasaan dan wilayah dan pada akhirnya sang adik, Jayasaba harus kalah dari sang kakak.

Jayabaya juga terkenal akan kemampuannya dalam meramal yang terbilang akurat. Jayabaya membawa kerajaan  yang ia pimpin menjadi sangat maju. Namun ia terkadang sering merasa bersalah karena harus membunuh adiknya sendiri. Jayabaya dengan segala kesaktian membuat ia menjadi salah satu orang terpilih dalam agama Hindu  dan membuat ia menjadi abadi. Namun karena keabadiannya, Jayabaya diketahui mati dengan cara menghilang atau moksa. Jayabaya menghilang di Desa Menang, Kabupaten Kediri.

Ramalan Jayabaya pernah memprediksi masa penjajahan Jepang terhadap Indonesia.

2. Sabdo Palon Noyo Genggong

Sabdo Palon Noyo Genggong

Mungkin bagi warga Indonesia, jarang mendengar nama Beliau. Beliau merupakan salah satu Kesatria Nusantara yang Hilang Secara Misterius bernama Sabdo Palon Noyo Genggong. Sabdo Palon Noyo Genggong lebih dikenal oleh orang – orang umum sebagai semar yang merupakan salah satu dari Punokawan. Sabdo Palon Noyo Genggong atau semar memang salah satu tokoh fiktif, namun karena banyak yang mempercayai legenda beliau, saya masukan dalam salah satu Kesatria Nusantara yang Hilang Secara Misterius.

Sabdo Palon merupakan salah satu tokoh spritual kepercayaan dari Prabu Brawijaya V yang merasa kecewa akibat sang raja memeluk agama Islam. Kesatria Nusantara yang Hilang Secara Misterius ini kecewa dan pergi mengelana ke tempat yang jauh karena rasa kecewanya yang terlalu dalam kepada sang raja. Sabdo Palon Noyo Genggong akhirnya mengentikan perjalanannya dan memutuskan untuk semedi. Setelah ia semedi, ia melakukan moksa dan menghilang setelah mendaapat kabar bahwa Prabu sudah resmi menjadi mualaf.

Cerita ini masih menjadi perdebatan karena ada yang menyebutkan bahwa ini merupakan cerita fiksi.

3. Prabu Siliwangi

Prabu Siliwangi

Prabu Siliwangi merupakan Kesatria Nusantara yang Hilang Secara Misterius yang menjabat sebagai salah satu raja Padjajaran dan terkenal akan kesaktian yang melegenda. Prabu Siliwangi memiliki banyak sekali pengikut yang menyebabkan ia membawa tanah Sunda menjadi terkenal diseluruh Nusantara. Masa keemasan Prabu Siliwangi mulai goyah saat kerajaan Islam masuk dan ia didesak oleh cucunya sendiri untuk menjadi mualaf. Hal ini menimbulkan konflik diantara mereka.

Prabu  Siliwangi tidak mau menjadi mualaf sementara anggota keluarganya terus menerus mendesak agar ia menjadi mualaf. Akhirnya Prabu Siliwangi memutuskan untuk menyingkir dari kerajaan dan memilih mengasingkan diri karena tidak mau masuk kedalam islam. Sebelum Prabu Siliwangi pergi, ia memberi nasehat kepada para pengikutnya untuk terus mengikuti keinginan diri mereka sendiri. Prabu  Siliwangi pun menjalani tapa moksa dan hilang tanpa jejak.

Prabu Siliwangi masuk sebagai salah satu raja paling berpengaruh dalam masa Nusantara yang harus menghilang tanpa jejak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *