Kasus Genosida Paling Mengerikan di Muka Bumi

Kasus Genosida Paling Mengerikan di Muka Bumi

Genosida merupakan salah satu dari empat pelanggaran HAM yang paling berat dari 3 lainnya. Kasus yang lainnya adalah agresi manusia dan kejahatan perang. Pengertian genosida sendiri adalah pembantaian secara besar – besaran terhadap suatu suku, bangsa ataupun umat manusia. Genosida tidak memandang hak asasi manusia dan membabi buta. Mereka melakukan hal tersebut agar suatu kelompok punah. Pengertian genosida pertama kali dipopulerkan di Polandia.

Ahli hukum bernama Rapahel Lenkim pada tahun 1944 menjelaskan kata genosida pada buku yang ia tulis berjudul Axis Rule in Occupied Europe dan pertama kali diterbitkan di Amerika Serikat. Kata Genosida diambil dari kata yunani kuno yaitu genos yang berarti rakyat dan caedere yang berarti pembunuhan. Genosida sudah ditentang sejak jaman dahulu namun di dunia ini ada genosida yang tercatat bisa membunuh juta jiwa.

Berikut adalah kasus genosida terburuk dan mengerikan.

1. The Great Leap Forward

Salah satu diktator paling mengerikan dan paling sadis ini membuat sebuah program yang bertujuan untuk memajukan negeri China pada masa itu. Ia mengajak seluruh rakyatnya untuk sama – sama membuat produksi pangan dan insdustri maju sebesar – besarnya. Namun tidak seperti yang diharapkan oleh Mao, justru malapetaka mengrikan malah terjadi di negeri China karena ulah Mao sendiri  yang dianggap bodoh.

Awalnya rencana berjalan lancar sampai mao mengeluarkan perintah untuk membunuh semua burung gereja karena dianggap memperlambat produksi pangan. Setelah semua burung musnah, justru lahan mereka diserbu belalang yang populasinya bertambah pesat karena sang predator telah tiada. Pangan mereka pun hancur oleh belalang dan terjadi gagal panen terus menerus. Disinilah malapetaka mulai terjadi.

Kejadian ini bisa disebut genosida karena akibat kelaparan besar – besaran yang terjadi pada masa itu membunuh lebih dari 70 juta nyawa manusia. Hal ini menjadikan The Great Leap Forward  salah satu bencana manusia paling mengerikan.

2. Holocaust

Salah satu perbuatan diktator legendaris yang dikenal oleh semua manusia dan manusia pemimpin rezim NAZI, Adolf Hitler. Kekejaman Hitler sendiri sudah dikenal luas oleh masyarakat lewat berbagai bukti pembunuhan, pembantaian hingga genosida. Salah satu genosida paling terkenal yang dilakukan oleh Adolf Hitler ialah Holocaust. Holokaus sendiri diambil dari kata yunani yaitu holos dan kaustos yang berarti seleruh dan terbakar. Genosida ini berlangsung dengan setidaknya 6 juta orang Yahudi mati.

Holokaus sendiri dilakuakn dengan membawa orang – orang yahudi ke kamp tempat mereka akan menunggu ajal mereka. Sebelum mereka memasuki kamp, mereka akan diseleksi terlebih dahulu. Para petugas NAZI akan memilih para orang yahudi mana yang masih bisa bekerja atau cocok dijadikan bahan eksperimen medis. Jika manusia tersebut dianggap tidak berguna maka akan langsung dimusnahkan. Kamp – kamp mereka terdapat di berbagai lokasi dan lokasi yang paling terkenalnya adalah kamp Auswitch

Korban jiwa yang melayang diperkirakan 11 sampai 17 Juta orang.

3. Genosida Armenia

Salah satu bencana besar yang pernah dihadapi oleh warga Armenia ini dikenal juga sebagai pembantaian amerika merupakan salah satu kejahatan besar. Pembantaian besar – besaran ini dilakukan oleh Utsmaniyah terhadap penduduk minoritas armenia di kawasan republik Turki. Bangsa armenia sendiri sudah dijajah sejak abad ke – 17 dan merupakan suku minoritas terbesar di tanah turki. Mereka diperlakukan tidak adil dan mendapatkan diskriminasi.

Peristiwa yang terjadi setelah perang dunia ke1 ini memiliki 2 tahap pelaksanaan yaitu dengan menyuruh para pria dewasa melakukan kerja paksa dan juga deportasi para perempuan, anak – anak dan juga orang tua pada perjalan yang membunuh ke gurun suriah. Bangsa turki sampai sekarang masih menyangkal telah membunuh atau melakukan adanya genosida. Korban yang berjatuhan sekitar 1 hingga 1,5 juta nyawa manusia.

Baca juga : Dibalik Kekejaman Diktator Legendaris NAZI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.