Iblis – Iblis yang Paling Terkenal Sepanjang Sejarah

Iblis – Iblis yang Paling Terkenal Sepanjang Sejarah

kita diciptakan oleh Yang Maha Esa bersamaan dengan makhluk lainnya. Hewan, Tumbuhan bahkan bersamaan dengan yang tak kasat mata yaitu Iblis dan Malaikat. Iblis sendiri berarti nenek moyang para bangsa jin atau makhluk pertama yang berani menentang perintah dari Tuhan. Iblis – Iblis terus memberontak kepada Tuhan dan terus membuat para manusia terjerumus kedalam dosa. Kelahiran dosa – dosa di dunia juga banyak yang terjadi akibat camput tangan dari iblis. Kita seharusnya manusia yang notabenenya lebih tinggi kedudukannya dari mereka harus melawan segala hasutan – hasutan yang mereka buat.

Iblis sudah ada sejak jaman penciptaan bumi. Dikisahkan bahwa Adam jatuh kedalam dosa karena dihasut oleh iblis yang saat itu sedang berwujud ular. Sang iblis menghasut adam untuk memakan buah yang sudah dilarang oleh Tuhan dan hasutan sang iblis berhasil. Alhasil Adam diusir dari taman Eden dan harus hidup di tanah bumi. Iblis yang menghasut Adam dikenal oleh banyak orang sebagai malaikat yang jatuh ke bumi akibat membangkang perintah dari Tuhan.

berikut adalah Iblis – Iblis yang Paling Terkenal Sepanjang Sejarah.

1. Lucifer

Lucifer

Yang menjadi akar muasal dari segala iblis yang ada sampai sekarang, yaitu Lucifer. Bapak dari segala pendosa, pembawa cahaya, Sang bintang timur dan putra Fajar. Itulah beberapa julukan dari iblis ini.  Lucifer dikisahkan adalah malaikat yang menduduki peringkat paling tinggi di surga dibandingkan malaikat lain. Seiring berjalannya waktu, kesombongan mulai muncul di diri Lucifer dan Tuhan tidak suka. ada beberapa versi yang menceritakan kesombongan dari lucifer ini.

Yang pertama adalah Lucifer ingin menyamai Tuhan dan bahkan berani duduk di Tahta Tuhan dan membuat Lucifer diusir. Yang kedua adalah ia tidak mau sujud terhadap Adam sang manusia pertama karena merasanya dirinya lebih tinggi dan dilempar ke bumi. Lucifer sendiri adalah perwujudan dari 7 dosa besar yaitu Kesombongan. Ia digambarkan sebagai iblis yang menggoda Adam sebagai ular, Iblis yang menggoda Yesus pada saat puasa 40 hari di tengah gurun. Lucifer sendiri adalah iblis yang sangat kuat dan juga menjadi penguasa di atas semua iblis yang ada.

Julukan Lucifer di neraka dalah Satan yang berarti “Raja Rajanya semua iblis”

2. Baphomet

Baphomet

Salah satu iblis yang menjadi simbol sekte satanisme merupakan iblis yang berkepala kambing dan disimbolkan dengan pentagram atau bintang yang memiliki 5 sudut. Iblis Baphomet sendiri sudah dikenal sejak abad ke – 19 lalu dari bahasa perancis kuno yang meruapakan plesetan dari kata “Muhammad” yaitu Mahomet. Sosok Baphomet digambarkan sebagai humanoid berkepala kambing yang sebenarnya adalah sosok imajinasi dari sosok dewa pagan. Penggambaran Baphomet yang khas adalah pose silanya yang selalu terlihat di setiap lukisan. Akhirnya Baphomet pada abad ke – 19 digunakan sebagai simbol satanisme.

Sosok Baphomet sendiri dipopulerkan semenjak sekte satanisme membuat patung Baphomet yang terbuat dari perunggu setinggi 9 kaki. Ia sedang berpose salut dua jari, dengan sayap dan 2 anak kecil tersenyum disisinya. Sampai sekarang, sosok iblis ini digunakan sebagai simbol pemujaan dan ritual dari satanisme – satanisme di seluruh dunia.

3. Valak

Valak

Sosok yang terkenal lewat film yang berjudul Conjuring ini ternyata disukai oleh banyak orang sampai mempunyai film tersendiri yaitu The Nun. Digambarkan sebagai biarawati yang sangat menyeramkan berasal dari neraka ini ternyata tidak mempunyai sosok seperti itu. Sang sutradara hanya mengambil gambaran biarawati menurut dengan apa yang Lorraine Warren katakan saat melihat sesosok iblis dengan jubah seperti biarawati. Dari situlah sosok biarawati iblis muncul di kepala sang sutradara. Namun ternyata sosok Valak lebih menyeramkan dari biarawati.

Valak sendiri ternyata merupakan sebuah nama dari salah satu panglima yang ada di neraka. Panglima itu berwujud anak kecil bersayap yang menunggangi sebuah naga berkepala dua. Valak memimpin tentara iblis atau yang dikenal sebagai leguin sebanyak 38 legiun. Satu legiun diperkirakan sebanyak 6000 iblis berarti valak memimpin 228 ribu pasukan iblis. Hal ini dijelaskan dalam manuskrip XVII Lesser Key of Solomon yang ditemukan pada abad – 17.

Dalam beberapa kejadian, nama Valak disebut Volac, Ualac, atau Volach.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.