Hantu Paling Terkenal di Asia

Hantu Paling Terkenal di Asia

Asia terkenal dengan budayanya yang kental dan juga banyak mengandung hal – hal yang berbau mistis. Mereka kebanyakan masih mewarisi budaya dan adat dari leluhur mereka sehingga para masyarakatnya terkadang masih menghormati apa yang tidak kasat mata. Para leluhur tersebut biasanya mewarisi legenda, dongeng, tata krama kepada penerusnya. Cerita mereka biasanya berbeda sesuai dengan daerah dan budaya lokal yang kemudian akan terekam dalam benak pribadi seseorang.

Kisah – kisah tersebut biasanya tersebar dari mulut ke mulut yang kemudian akan menjadi legenda urban dengan sendirinya. Tak jarang kisah – kisah legenda urban yang sudah terkenal mereka bukukan atau filmkan agar masyarakat mengetahui bahwa mereka “ada”. Hantu – hantu yang berada di asia dikenal dengan latar belakang mereka yang memilukan dan juga menyedihkan. Mereka yang semasa hidupnya tragis menyebabkan mereka mempunyai wujud mengerikan.

Berikut adalah Hantu Paling Terkenal di Asia.

1. Mae Nak – Thailand

Mae Nak

Jika anda pernah menonton sebuah film horor komedi yang berjudul “Mae Nak”, maka anda pasti mengetahui hantu satu ini. Cerita dimulai pada tahun 1851 sampai 1868 dimana hidup seorang gadis cantik bernama Nak dan sang suami bernama Tid Mak. Tid Mak merupakan tentara yang harus bertugas ke medan perang untuk membela negaranya. Ia meninggalkan Nak yang pada saat itu sedang hamil besar. Ternyata saat Tid pergi, Nak mengalami komplikasi hebat yang membuat ia meninggal bersama dengan bayinya.

Karena rasa sayangnya kepada Tid, Nak tidak mau pergi ke akhirat dan memutuskan untuk tinggal di dunia sebagai arwah. Ketika Tid pulang, ia bertemu Nak yang sedang menggendong anak mereka yang lucu. Nak yang tidak mau sang suami tahu, nekat membunuh siapa saja yang berani membocorkan rahasia Nak. Namun seiring berjalannya waktu, Tid mengetahui wujud asli istrinya tersebut. Ia tidak mau hidup bersama hantu dan melarikan diri ke kuil dan Nak tidak bisa mengejarnya.

Nak yang marah hebat membunuh tetangganya. Pada akhirnya arwah Nak ditangkap dan dimasukan kedalam sebuah toples. Konon toples tersebut masih disimpan keluarga kerajaan agar arwah Nak tidak berkeliaran lagi.

2. Maria Labo – Fili[ina

Maria Labo

Maria Labo merupakan seorang wanita biasa yang tinggal bersama keluarga kecilnya di pulau Visayas, Filipina. Ia memiliki suami yang berprofesi sebagai polisi dan dikarunai dua anak yang amat lucu. Karena kebutuhan banyak yang belum tercukupi, Maria membantu keluarganya mencari nafkah. Ia bekerja sebagai pengasuh kakek tua yang ternyata kakek tersebut adalah pengikut Aswang. Aswang sendiri adalah makhluk supranatural yang memiliki sosok mirip dengan vampir.

Sang kakek yang sudah renta dan putus asa, ingin mati karena tak tahan. Namun seorang Aswang harus mewarisi kutukannya maka baru bisa meninggal. Kakek tersebut memanfaatkan Maria sebagai medium baru. Maria kemudian pergi ke Kanada karena mendapat pekerjaan baru. Kutukan Maria mulai aktif karena suhu udara Kanada yang dingin. Saat ia pulang ke Filipina, entah kenapa Maria sangat menginginkan daging dari manusia. Sang suami pun pulang dan bertanya kemana anak – anak mereka. Dengan santainya Maria membuka kuali yang berisi potongan tubuh anak mereka.

Suaminya marah bear dan merobek pipi Maria dengan pisau dan mengusir Maria. Konon hantu Maria Labo ini sering berkeliaran dan mencari mangsa.

3. Leak – Indonesia

Leak

Jika anda sering mengunjungi bali, mungkin sudah tidak asing dengan makhluk satu ini. Leak sering muncul dalam relik – relik, tarian adat, upacara adat, sovenir dan masih banyak lagi. Leak sendiri merupakan makhluk supranatural yang memiliki wujud kepala terbang dengan organ utuh mengambai, mirip seperti kuyang dan palasik. Leak sebenarnya merupakan manusia yang mengikuti praktik ilmu hitam yang harus meminum darah bayi untuk bisa mempertahankan kekuatannya.

Leak juga mempunyai pemimpin yang memiliki julukan “Queen of Leak” bernama Rangda. Rangda merupakan¬† musuh bebuyutan dari Barong. Barong dan Rangda sangat sering terlihat dalam penampilan tari – tarian tradisional bali. Konon topeng asli Rangda disimpan dalam kuil dan suka dikeluarkan dalam festival – festival tertentu untuk diarak.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *