Festival Bertema Supranatural di Dunia

Festival Bertema Supranatural di Dunia

Hantu memang sudah menjadi bagian dari masyarakat. Mereka sangat diingat dan sangat dianggap ada oleh masyarakat padahal kebenerannya saja belum tentu bisa dipastikan dan ditelaah. Hantu memang sudah menjadi hal biasa bagi sebagian orang bahkan dijaman sekarang, hantu dijadikan media sebagai pencari uang lewat platform – platform media sosial. Biasanya jika sang kreator konten  membahas tentang hantu, Ia akan menarik perhatian masyarakat yang penasaran.

Karena terlalu terkenal, tidak jarang hantu juga dibuatkan festival khusus yang konon dibuat untuk memperingati atau menghormati makhluk tak kasat mata tersebut. Festival yang biasanya digelar tahunan ini ternyat sarat makna. Mereka menggelar karena kepercayaan masyarakat sekitar yang sudah berubah menjadi budaya. Festival – festival tersebut tak selalu memberikan efek menyenangkan bagi sekitar, ada beberapa festival yang ternyata menyeramkan dan bisa membuat merinding.

Berikut Festival Bertema Supranatural di Dunia

1. Festival Hantu Lapar, China

Festival Hantu Lapar

Warga China memiliki sebuah festival yang terbilang cukup unik. Festival yang selalu dirayakan pada tanggal 15 bulan ke 7 kalender China ini biasa dikenal dengan Festival Hantu Kelaparan atau Festival Chioko. Festival Bertema Supranatural di Dunia ini dirayakan pada bulan ke 7 karena dalam kepercayana China bulan ke 7 merupakan bulan dimana pintu alam baka akan terbuka selebar – lebarnya. Maka dari itu dipercaya arwah – arwah orang mati akan datang dan berpesta di dunia manusia.

Festival ini merupakan warisan budaya dari zaman Agraris. Namun pada jaman tersebut, Festival Bertema Supranatural di Dunia ini sedikit berbeda karena mereka memuja para dewa – dewi untuk keberlangsungan panen yang melimpah. Festival ini berkembang seiring berjalannya waktu dan dikenal dengan Festival Hantu Lapar pada jaman sekarang. Warga China akan mengosongkan satu kursi selama makan dan membakar uang kertas selama festival. Hal ini diyakini karena anggota keluarga yang meninggal datang.

Ketika festival berakhir, para warga akan mengiring arwah – arwah ke dunia bawah dengan cara menghanyutlan  lentera berbentuk teratai di atas danau atau sungai.

2. Pitru Paksha, India

Pitru Paksha

Festival Bertema Supranatural di Dunia ini berasal dari India yang diadakan setiap 16 hari kalender bulan dalam kalender Hindu. Festival ini bernama Pitru Paksha yang berarti dua minggu para leluhur. Mereka yang khusunnya beragama Hindu akan bersembahyang kepada para leluhur mereka. Perayaan ini berlangsung selama dua minggu dan mereka akan terus memperingati para nenek moyang, leluhur, dan pendahulu mereka. Festival ini diadakan karena sebuah cerita legenda pada jaman dahulu.

Prajurit yang bernama Karna sudah mencapai surga dan tidak bisa menemukan makanan apa – apa disana. Ia hanya bisa memakan emas dan memohon suatu permintaan kepada Batara Indra. Karna memohon untuk diberikan makanan namun Batara Indra menolak karena Karna tidak pernah memberikan makanan kepada leluhurnya saat masih hidup. Karna dan Indra membuat sebuah perjanjian dimana Karna diturunkan kebumi selama dua minggi untuk memberikan makanan pada semua orang.

Karena hal inilah para warga Hindu selalu memperingati Festival ini dengan rutin.

3. Halloween, Seluruh Dunia

Halloween

Siapa yang tidak mengetahui festival hantu paling terkenal di seluruh dunia ini? Festival dimana pada setiap tanggal 31 oktober akan dirayakan. Dimana anak – anak akan berkeliling dan mengetuk rumah – rumah para tetangga sambil berkata “Trick or Treat”. Biasanya mereka akan diberi permen atau coklat ke dalam keranjang labu mereka. Seluruh kota akan dihiasi ornamen – ornamen bertemakan horor dan tidak lupa juga para warganya mengenakan kostum mengerikan untuk menambah suasana mencekam.

Festival ini sudah dikenal di seluruh dunia dan bahkan banyak negara – negara seperti Indonesia yang bukan budayanya mengikuti festival ini. Banyak mall – mall akan dihiasi dengan ornamen – ornamen halloween ditambah dengan para staf Mall yang berdandan seperti hantu. Halloween juga turut menghiasi dunia maya terutama game. Setiap Halloween datang, Para developer game akan mengadakan Event halloween dengan hadiah – hadiah yang melimpah jika kita turut serta dalam event tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *