Diktator Paling Kejam Sepanjang Sejarah

Diktator Paling Kejam Sepanjang Sejarah

Sebuah negara berdiri dengan berbagai macam sistem pemerintahan dan juga berbagai macam pemimpin. Seperti contohnya Indonesia yang memiliki sistem demokrasi yang berarti dari rakyat, oleh rakyat, untuk rakyat. Biasanya Sistem negara ditentukan saat negara tersebut berdiri dan dengan kesepakatan rakyat dan pemerintahnya. Namun ada beberapa negara yang sistem tatanannya diatur semua oleh pemerintah. Pemerintah sudah seperti dewa yang mengatur semuanya di negara tersebut.

Sistem pemerintahan seperti ini dipimpin oleh seorang yang disebut sebagai diktator. Diktator sendiri berarti sebuah pemimpin yang memimpin  dengan cara tirani atau otoriter dengan cara menindas rakyatnya. Mereka naik pangkat biasanya menggunakan kudeta ataupun kekerasan. Tapi ada salah satu diktator yang naik pangkat dengan cara demokratis, yaitu Adolf Hitler.

Berikut adalah beberapa diktator paling mengerikan sepanjang sejarah.

1. Joseph Stalin

Seorang pria kelahiran 18 Desember 1878 ini adalah pemimpin partai komunis di Uni Soviet pada masa perang dunia ke 2. Pada awal masa kepemimpinan, Joseph menganut sistem kepemimpinan kolektif namun ia merubah sistem pemerintahannya menjadi sistem diktator. Ia juga menyebarkan paham Marxisme, dan ia meresmikan idenya menjadi paham Marxisme – Leninisme. Sementara untuk paham yang ia ciptakan sendiri diberi nama Stalinisme.

Lahir di keluarga miskin tak membuat nasib Stalin menjadi muram. Ia sukses menjadi Sekertaris Jendral Partai Komunis Uni Soviet dan juga Perdana Mentri Uni Soviet. Partai Stalin juga dikenal sebagai musuh bebuyutan partai yang dipimpin oleh seorang diktator juga, yaitu Adolf Hitler. Stalin juga dikenal membawa banyak perubahan terhadap Uni Soviet dan juga Revolusi – revolusi yang terjadi pada masa itu. Rezim Stalin tidak segan – segan membunuh para pengunjuk rasa yang tidak setuju pada pemerintahan mereka

Ia juga mendirikan kamp konsentrasi mengerikan bernama Gulag yang bertanggung jawab atas menghilangnya 20 juta nyawa manusia.

2. Pol Pot

Pria asli bernama Saloth Sar ini lahir pada 19 mei 1928 adalah seorang pemimpin revolusioner Kamboja yang memimpin Khmer Merah pada tahu 1963 sampai 1997. Ia menganut paham diktator yang menyeret para warga pedesaan kamboja untuk melakukan kerja rodi di pertanian dan proyek pembangunan. Dikarenakan kebijakan yang luar biasa kejam dan tidak mengenal kemanusiaan, Pol Pot mengahabiskan hampir 25 persen populasi pada masa itu dalam waktu 4 tahun.

Pasukan khmer merah tidak tanggung – tanggung dalam menyiksa para warga kamboja yang pada awalnya senang pada kedatangan khmer merah karna dipercaya dapat membawa angin baru untuk mereka. Namun naas, justru mereka menginvasi dan membantai tanpa melihat sisi kemanusiaan. Dan ironisnya mereka diselamatkan oleh perang Kamboja – Vietnam yang memukul mundur para tentara Khmer Merah.

Pol Pot diakui menghabiskan nyawa manusia sebanyak 2 juta yang pada saat itu adalah 25 persen populasi. Karena total populasi mereka hanya 10 juta lebih.

3. Mao ZeDong

Bapak pendiri Republik Rakyat China ini lahir pada 26 Desember 1893 di desa Shaosan. Ia didik dengan keras oleh sang ayah sejak kecil. Pada tahun 1911 ia bergabung dengan pasukan revolusi dan banyak berpindah – pindah semenjak revolusi selesai. Ia pernah jadi guru, akademi polisi, hingga urusan perabot rumah tangga. Setelah partai komunis di china beridiri ia masuk kedalam partai komunis. Awalnya ia menuruti apa ideologi komunis, namun ia lama kelamaan beradaptasi dengan ideologi Lenin. Pada 1945 Mao berhasil memimpin daratan China.

Salah satu yang paling dikenal pada masa pemerintahan mao adalah pada januari 1958. Mao menjalankan sebuah program yang membuat 75.000 orang dikerahkan untuk meningkatkan sektor indstri pertanian. Awalnya ia melihat setitik harapan di program itu namun, bencana – bencana mulai datang bergantian hingga menyebabkan kelaparan terdahsyat sepanjang sejarah pada tahun 1959 – 1961. Hal ini membuat 40 juta lebih orang tewas dan membuat mao kalah dari rivalnya

Akibat kediktatoran mau, Daratan Cina memakan lebih dari 70 juta orang dan dikenal sebagai manusia yang membunuh manusia terbanyak di muka bumi.

Baca juga : Kasus Genosida Paling Mengerikan di Muka Bumi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.