Dewa Mesir Paling Terkenal

Dewa Mesir Paling Terkenal

Mesir memang menyimpan banyak sekali cerita budaya dan mitologi. Terlihat dari banyaknya bangunan – bangunan seperti piramida dan juga patung sphinx disana. Bahkan tidak sedikit mural – mural yang tedapat di bangunan bersejarah. Selayaknya negara Yunani dan Nordik, ternyata mesir juga memiliki banyak mitologi dewa – dewi yang sudah ada sejak dulu. Bahkan sampai jaman sekarang mereka masih menghormati para dewa – dewi tersebut.

Mitologi juga sudah dipercaya mempengaruhi budaya mereka cukup dalam. Hal ini terbukti lewat banyaknya ritual keagamaan, kuil – kuil, makam dan juga jimat. Cerita awal bumi di mitologi di mesir dimulai saat para dewa menciptakan alam semesta di khaos. Dari situ mulailah para dewa mengisi bumi dengan menciptakan seisinya. Ada dewa matahari seperti Ra yang berkaitan dengan sumber cahaya di bumi dan juga ada dewa Set yang dikenal sebagai dewa penghancur. Seiring berjalannya waktu, mereka dapat ditemukan di relief – relief

Berikut adalah beberapa dewa mesir yang paling dikenal oleh orang.

1. Ra
Dewa yang identik dengan api dan juga dewa dengan gelar “dewa matahari” ini adalah dewa tertinggi dalam mitologi mesir. Ia dianggap oleh orang – orang sebagai dewa penciptaan dan permulaan. Sosok yang sangat sakral dan penting ini disembah oleh para warga mesir lebih dari dewa lainnya. Ia juga mewakili semua yang positif seperti kekayaan, kemakmuran, kesuburan dan juga kebahagiaan. Sosok ini juga dapat ditemukan di dinding – dinding bangunan kuno mesir seperti piramid.

Dewa Ra sendiri digambarakan sebagai sosok pria berkepala elang. Kadang ada juga yang menggambarkan sebagai sosok yang bekepala kumbang atau kambing. Diatas kepala dewa Ra terdapat sebuah cakram matahari yang dikelilingi dengan seekor ular. Cakram matahari tersebut memancarkan cahaya yang dianggap sebagai simbol energi kehidupan dan juga kemakmuran. Pohon kehidupan juga merupakan salah satu simbol dari Dewa Ra

Konon buah yang terdapat di pohon ini tidak dapat dimakan oleh manusia.

2. Osiris
Osiris menjadi salah satu dewa yang paling disembah oleh rakyat Mesir Kuno. Osiris dipercaya memiliki kekuatan yang sangat dahsyat kuatnya. Bahkan konon ia berkuasa atas Kesuburan, Kematian dan Kebangkitan. Osiris juga adalah sosok ayah dari dewa mesir lainnya yaitu Horus. Karena kematiaannya yang diakibatkan oleh dewa kehancuran Seth, Osiris dipercaya menjadi hakim para jiwa – jiwa manusia yang dinilai lewat pahala manusia tersebut.

Ia digambarkan seperti seorang pria berjanggut firaun dengan kulit yang berwarna hijau. Dikepalanya dihiasi dengan mahkota yang tidak biasa dengan hiasan dua bulu burung unta. Ia juga menggunakan pakaian seperti mumi dengan memegang satu cambuk dan satu kail. Osiris merupakan anak dari dewa bumi Geb dengan dewa langit Nut. Ia memiliki saudara kembara bernama Isis yang sekaligus adalah istri juga.

Setelah ia meninggal, ia mewariskan kebijaksaannya kepada Horus anaknya. Ia juga dikenal sebagai hakim yang penyayang dan baik hati. Para warga mesir kuno pun sangat menghormati Osiris karena ia memiliki sikap yang baik hati.

 

3. Thoth
Dewa berkepala burung ini adalah salah satu dewa paling penting dalam peradaban mesir kuno. Ia merupakan dewa penulisan, dewa kebajikan, dewa mukjizat dan juga dewa bulan. Ia tidak pernah memihak siapapun, ia sangat menguasai yang berkaitan dengan hukum dan ilmu fisika. Konon Thoth dan partnernya bertugas menjaga alam semesta dari anomali – anomali dengan pengetahuan dan akal mereka yang sangat luar biasa.

Tidak hanya mengandalakan otak ,Thoth juga sangat ahli dalam menggunakan sihirnya untuk membasmi para musuh di pertempuran. Thoth juga dipercaya sebagai sumber dari segala pengetahuan yang terdapat di bumi ini. Ia juga dikenal kerap memberi berkat terhadap orang – orang mesir kuno lewat tulisan bergambarnya yang disebut Hieroglyphic. Untuk menghargai Thoth, banyak orang mesir kuno yang membuat patung berbentuk burung ibis.

Thot juga kerap digambarkan sedang membawa pena ataupun gulungan karena itu melambang kecerdasan dan ilmu pengetahuan thot yang sangat luar biasa.

Baca juga : Monster – Monster Dalam Mitologi Nordik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.