Dewa – Dewa Terkuat Yunani

Dewa – Dewa Terkuat Yunani

Kisah dari dewa – dewi Yunani kuno memang sudah terkenal di seluruh dunia. Karena cerita mereka yang  terlalu epic membuat siapa saja terkagum – kagum dan dibuat penasaran. Menurut pengertiannya mitologi Yunani adalah Legenda yang berasal dan sudah ada sejak jaman Yunani Kuno dan berisikan tentang keagungan dewa dan pahalawan, asal – usul Yunani Kuno, awal mula dunia, penyebaran agama dan masih banyak lagi.

Dewa – dewi yang melegenda itu mempunyai ciri fisik seperti manusia namun yang membedakan adalah usianya yang tak pernah tua dan juga memiliki kemampuan luar biasa. Mereka masing – masing mewakili sifat – sifat manusia seperti Cinta, Kelicikan, perang dan lain – lain. Ada juga yang mewakili alam seperti Matahari, Laut, Neraka dan lain – lain. Terkadang mereka melakukan kesalahan dengan memiliki anak dengan manusia. Mereka yang setengah dewa dan manusia disebut Demigod.

Berikut adalah beberapa dewa – dewi Yunani yang paling kuat.

 

1. Zeus

1. Zeus

Merupakan Dewa diatas Dewa, Zeus juga disebut – sebut sebagai bapak para Dewa di mitologi Yunani. Jaman dahulu kala saat dunia hanya berisi para titan, lahirlah seorang anak manusia benama Zeus dari ayah yang seorang titan bernama Kronos dan ibu manusia bernama Rea. Namun karena sang Ayah melihat bahwa anak ini terlalu berbahaya, ingin membunuh Zeus. Namun malah Kronos yang terbunuh oleh Zeus muda. Zeus adalah yang termuda dari 3 saudara lainnya.

Kemudian Zeus membagi dunia menjadi 3 bagian dan masing – masing bagian dipegang oleh saudara – saudaranya. Yang menjadi penguasa lautan adalah Poseidon, sedangkan yang menjadi penguasa dunia bawah adalah Hades. Sedangkan Zeus sendiri menjadi penguasa langit. Ada yang berkata bahwa mereka membagi dunia tersebut dengan cara mennggunakan undian. Zeus dikenal sebagai dewa petir dan  juga raja Olympus oleh orang – orang modern.

Zeus dikenal memiliki banyak istri dan mempunyai banyak anak. Anak – anak Zeuslah yang akan menjadi 12 dewa agung Olympus. Ia juga dikenal sering bermain dengan manusia sehingga menghasilkan demigod.

 

2. Poseidon

2. Poseidon

Merupakan salah satu saudara Zeus, Poseidon mendapat bagian untuk menguasai lautan. Ia dikenal oleh masyarakat sebagai dewa lautan dan segala jenis perairan. Poseidon digambarkan sebagai pria bertubuh kekar dengan Trisula sakti ditangannya. Trisula sakti dengan kemampuan membelah bumi dan lautan ini dibuat oleh salah satu Cyclops pada masa perang titan. Ia juga memiliki kendaraan pribadi yang ditarik oleh 2 ekor Hippokampos. Hippokampos sendiri adalah makhluk bertubuh setengah kuda dan setengah ikan.

Poseidon memliki istri bernama Amfitrit yang merupakan dewi laut. Mereka memiliki anak bernama Triton dan diketahui Poseidon juga memiliki anak setengah manusia yang dimasa depan akan menjadi salah satu pahlawan Yunani yaitu Perseus. Ia dikatakan mampu untuk mengubah wujud namun tidak bisa meramal masa depan, tidak seperti Zeus. Poseidon juga memiliki sifat seperti air laut yang terkadang bisa tenang namun tiba – tiba menjadi tidak terkendali.

Pegasus yang merupakan makhluk legendaris berbentuk kuda bersayap juga konon adalah anak dari Poseidon.

 

3. Hades

3. Hades

Salah satu dari 3 bersaudara legendaris ini adalah penguasa kegelapan, tepatnya adalah penguasa dunia bawah. Mereka bertiga mengalahkan semua titan dan mengambil alih tatanan dunia. Mereka melakukan undian dan kemudian Hades diposisikan sebagai penguasa dunia bawah. Karena posisi Hades berada di dunia kematian, Hades sering dicap orang – orang sebagai dewa kematian. Ia menjaga tempat dimana para roh orang mati mengahadapi ujian terakhir.

Hades digambarkan sebagai orang berjanggut hitam dan berpakaian megah. Ia memegang sebuah tongkat seperti Poseidon namun mata tombak tersebut hanya dua atau disebut Dwisula. Ia juga memiliki sebuah peliharan yang bertugas untuk membiarkan roh orang mati masuk dan tetapi tidak membiarkan mereka keluar. Makhluk itu berwujud anjing raksasa berkepala tiga dan bernama Cerberus. Cerberus sendiri pernah dikalahkan oleh seorang pahlawan Yunani yaitu Hercules, anak dari Zeus dan manusia.

Hades diketahui jarang meninggalkan dunia bawah dan hanya akan keluar jika ada sesuatu yang genting dan mendesak.

Baca juga : Makhluk Mitologi Paling Terkenal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *