Dewa – Dewa Nordik yang Paling Terkenal

Dewa – Dewa Nordik yang Paling Terkenal

Selain mitologi dari Yunani kuno, ternyata Nordik juga mempunyai Mitologi yang tak kalah mengagumkan dibandingkan dengan mitologi Yunani. Mitologi Nordik mulai terkenal pada penayangan film MARVEL berjudul “Thor” yang mengambil cerita dari seorang dewa yang kuat dalam mitologi Nordik. Kemudian Mitologi ini banyak diadaptasi kedalam film – film lain dan game terkenal seperti serial God of War yang terbaru.

Mitologi Nordik sendiri menceritakan tentang sebuah pohon yang menjadi pusat dunia yang masing – masing akarnya dibagi menjadi 9 dunia. Dunia tertinggi dari mereka adalah Asgard. Asgard adalah rumah bagi para dewa – dewi mitologi nordik. Salah satunya adalah dewa tertinggi mereka yaitu Odin. Mereka tinggal dalam sebuah bangunan mewah yang disebut dengan Valhalla. Sedangkan dunia manusia yang kita tinggali saat ini disebut dengan Midgard.

Berikut adalah dewa – dewi dari mitologi nordik yang paling terkenal.

1. Odin

1. Odin

Odin merupakan dewa tertinggi di mitologi Nordik. Ia kerap disebut sebagai All Father, Dewa diatas Dewa hingga Ayah dari segala dewa. Ia adalah salah satu Aesir yang berdiam diri di Valhalla. Aesir sendiri adalah sebutan untuk para dewa – dewa berstatus tinggi dan terhormat. Awal mulanya cerita nordik adalah Odin dan saudara – saudaranya membunuh raksasa pertama di bumi bernama ymir dan potongan  dan potongan ymir dijadikan sebagai fondasi dunia.

Odin sendiri adalah anak dari pasangan Borr dan Bestla yang seorang raksasa. Odin mempunyai 2 saudara bernama Ve dan Villi yang merupakan dewa air dan dewa suara. Odin digambarkan memegang sebuah senjata dahsyat berbentuk tombak bernama Gungnir. Odin juga berperan besar dalam kiamat mereka yang sudah diramal dari jauh – jauh hari yaitu kiamat Ragnarok. Odin juga akan mati dalam pertempuran melawan serigala raksasa bernama Fenrir.

Odin juga merupakan ayah dari dewa terkenal yaitu Thor. Thor lahir dari istrinya yang merupakan seorang Ras Raksasa. Thor dikenal sebagai dewa kuat bersenjata palu mjolnir.

 

2. Thor
2. Thor

Mungkin diantara semua dewa – dewa yang berasal dari nordik, Thor menjadi salah satu dewa paling terkenal diantara lainnya.  Thor adalah anak dari dewa paling berkuasa di mitologi nordik yaitu Odin. Thor digambarkan sebagai pria kekar yang pandai bertempur dengan memegang sebuah palu bernama Mjolnir. Palu ini memiliki kekuatan penghancur yang sangat dahsyat dan juga memiliki elemen petir. Thor sendiri digambarkan sebagai dewa perang dan juga dewa petir.

Tugas Thor adalah melindungi Asgard dan Midgard dari musuh alaminya yaitu para Jotun atau biasa kita sebut dengan raksasa. Ia memiliki Istri bernama Jarnsaxa yang merupakan seorang ras dari Jotun dan dikarunai dua orang anak. Thor juga akan mengambil peran penting dalam perang besar Ragnarok yaitu dalam melawan ular dunia yaitu Jormungand yang dalam perang tersebut akan mengambil nyawa mereka berdua atau bisa disebut mereka akan tewas. Jormungand mati karena hantaman palu Thor sedangkan Thor mati karena racun Jormungand.

Kisah Thor diadaptasi kedalam film besutan marvel berjudul Thor yang membuat nama Thor menjadi melejit tinggi.

 

3. Freyja
3. Freyja

Freyja atau bisa disebut sebagai Freya adalah salah satu dewi yang paling terkenal di mitologi Nordik. Ia adalah adik dari Freyr yang dinobatkan sebagai Dewi Kesuburan dalam mitologi Nordik. Ia dianugrafi wajah cantik yang bahkan sampai membuat semua makhluk didunia mengakui kecantikan Freya. Ia adalah seorang Vanir yang kemudian diangkat menjadi salah satu Aesir di Asgard. Freya diketahui memiliki seorang suami bernama Od dan dikaruniai dengan 2 anak.

Namun, Od tiba – tiba menghilang tanpa alasan yang jelas dan membuat freya mencari sampai ke penjuru dunia. Od tidak ditemukan dan membuat Freya menjadi sedih dan menteskan air mata emas. Karena alasan ini, Freya menjadi sosok dewi “murahan” dan mau dengan siapapun baik itu manusia, elf, dewa bahkan kurcaci. Ia juga sering dikabarkan bahwa odin menjadukan freya salah satu selinya di Asgard.

Loki menganggap dan menuduh Freya sudah tidur dengan semua laki – laki di Asgard.

Baca juga : Makhluk – Makhluk Mitologi Yunani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.