Dewa – Dewa Mitologi Terkenal di Jepang

Dewa – Dewa Mitologi Terkenal di Jepang

jepang terkenal dengan kultur budayanya yang kuat dan juga kental akan agamanya. Jepang sendiri mempunyai banyak cerita – cerita tentang mitologi, magis, sihir dan lain – lainnya. Bahkan diceritakan saat penciptaan jepang menurut mitologi sulit dimengerti dengan akal manusia. Dimulai saat seluruh alam semesta adalah sesuatu yang tidak beraturan dan kemudian muncul 2 energi yang ringan akan keatas menjadi surga dan yang berat akan kebawah menjadi dunia bawah. Di surga tersebut terciptalah ketiga dewa utama

ketiga dewa ini digambarkan tidak memiliki jenis kelamin dan melahirkan tujuh dewa lainnya sementara yang duanya lahir tanpa alasan dan sisanya berasalah dari perkawaninan para dewa tertinggi dari surga. Dari ketujuh dewa tersebut hanya memiliki tiga yang terkuat yaitu dewa Izanagi no kami, Dewi Izanami No Kami dan Salah satu dewa tertinggi yang ada. Mereka menciptakan banyak dewa lain dan menciptakan pulau – pulau di Jepang

berikut adalah beberapa Dewa – dewa terkenal di Jepang.

1.    Amaterasu

Amaterasu

Izanagi dan Izanami merupakan 2 dari 7 dew dan 2 dari 3 dewa terkuat yang dilahirkan dewa tertinggi. Izanagi menikah dengan saudaranya sendiri dan melahirkan banyak dewa dan pulau, namun suatu saat Izanami harus tewas dan menjadi penguasa dunia bawah. Izanagi bersedih dan mandi kemudian ia membersih mata kirinya dan lahirlah Amaterasu, saat membasuh mata kanan, lahirlah Tsukuyomi dan saat membersihkan hidung, lahirlah Susanoo. Amaterasu ditunjuk Izanagi yang saat itu masih berkabung untuk memimpin jagat raya.

Awalnya Amaterasu tinggal bersama adiknya yaitu Tsukuyomi di Takamagahara atau yang dikenal dengan surga. Namun Tsukuyomi membunuh salah satu pelayan Amaterasu dan membuat Amaterasu murka dan mengusir Tsukuyomi sejauh – jauhnya. Konon hal inilah yang membuat malam dan siang tidak pernah bersama. Kemudian ia juga berseteru dengan Susanoo yang membuat ia murka dan membuat ia mengurung diri dan membuat bumi gelap.

Sampai sekarang Amaterasu dipuja oleh para penduduk jepang sebagai Dewa matahari dan juga penciptaan.

2.    Tsukuyomi

Tsukuyomi

Berkebalikan dengan Amaterasu yang menjadi dewa matahari, Tsukuyomi yang lahir dari mata kanan Izanagi merupakan dewa bulan. Nama yang diambil dari pelafalan bulan cocok dengan posisi yang ia tempati yaitu sebagai dewa bulan. Ia awalnya tinggal di surga bersama dengan kedua saudaranya dengan damai. Namun Tsukuyomi bosan dan menikahi saudaranya sendiri yaitu Susanoo. Kemudian disurga diadakan sebuah perjamuan yang dibuat oleh Ukemochi.

Selama perjamuan berlangsung, Ukemochi menyajikan makanan dengan cara menjijikan yaitu lewat mulut, hidung bahkan anusnya. Hal ini membuat Tsukuyomi najis dan membunuh Ukemochi. Terbunuhnya Ukemochi membuat bumi mengalami krisis pangan. Hal ini diketahui oleh Amaterasu dan membuat ia murka. Amaterasu bersumpah tidak akan bertemu lagi dengan Tsukuyomi dan membuang Tsukuyomi jauh – jauh ke bumi dan melarang ia untuk ke surga.

Konon hal inilah yang membuat siang dan malam, matahari dan bulan tidak pernah bersatu.

3.    Susanoo

Susanoo

Salah satu dari 3 dewa utama jepang lahir saat izanagi membersihkan hidungnya. Susanoo dinobatkan sebagai dewa petir dan badai. Ia dikenal sebagai dewa yang gemar mengacau dan juga menipu tetapi saat dewasa ia berubah menjadi dewa cinta dan pernikahan. Kisah Susanoo yang terkesan buruk ternyata memberikan manfaat terhadap umat manusia seperti ilmu tentang agrikultura dan membangun sebuah kastil di kawasan Izumi. Kisah legendaris Susanoo adalah saat ia pergi melawan monster.

Monster ini adalah Yamata-no-Orichi, yaitu sebuah ular berkepala delapan dan setiap kepalanya sebesar gunung. Diceritakan bahwa Orochi adalah anak izanagi yang dibuang dari surga dan turun ke gunung dekat sebuah keluarga tinggal. Keluarga tersebut sedih karena ia harus memberikan anaknya setiap tahun dan hari anak kesembilan akan diberi. Susanoo yang saat itu sudah mabuk mengalahkan Yamata-no-Orochi dan menikahi anak dari pasangan tersebut. Pertarungan mereka menghasilkan pedang Kusanagi yang akhirnya Susanoo berikan kepada kakaknya, Amaterasu.

Susanoo dikenal juga sering bertengkar dengan kakaknya di surga, bahkan membuat kakaknya mengurung diri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *