Dewa – Dewa Mitologi Hindu yang Terkenal

Dewa – Dewa Mitologi Hindu yang Terkenal

Mitologi india atau yang lebih dikenal sebagai Mitologi Hindu ini menceritakan tentang tokoh – tokoh legendaris dewa – dewi dari Hindu kuno yang memiliki kekuatan luarbiasa dan legendaris. Kisah mitologi ini juga menceritakan tentang kepahlawanan seperti Ramayana dan Mahabrata. Semua cerita mitologi ini berasal dari cerita – cerita keagamaannya yang berasal dari Weda. Mereka muncul sejak ribuan tahun dan mulai berkembang di benua India. Mitologi – mitologi ini berkembang seiring dengan perkembangan jaman.

Mungkin dari kalian mengenal mitologi India ini lewat film – film yang berceritakan tentang dewa – dewa India. Mitologi mereka cukup terkenal di asia dan membuat para orang penasaran. Seperti kebanyakan mitologi lain, mitologi India juga dipenuhi dengan para dewa – dewa yang dengan kekuatan luar biasa. Mereka ada yang menghancurkan ada yang menciptakan. Ada yang baik dan ada juga yang jahat.

Berikut adalah beberapa dewa – dewa di India yang terkenal.

1.    Brahma

Brahma

Brahma merupakan dewa dengan kedudukan tertinggi dan merupakan dewa pencipta dalam mitologi Hindu. Ia dipandang sebagai Tuhan yang bergelar sebagai pencipta alam semesta. Brahma sendiri memiliki arti berkembang, bertambah besar, berevolusi dan juga terkadang dikaitkan dengan api. Brahma dilahikan dengan cara: Benih menjadi telur alam semesta yang Maha Suci, cemerlang laksana jutaan sinar. Dari dalam telur itu Ia menjadikan dirinya sendiri menjadi Brahma, pencipta cikal bakal jagat raya ini menurut sebuah kitab yang bernama Sataphata Brahmana, dewa Brahma mencitptakan, memberi, menempatkan tugas kepada Dewa – Dewi lainnya.

Dewa ini digambarkan dengan sosok yang memilik 4 muka yang setiap mukanya menghadap arah mati angin yang berbeda yang melambangkan Catur Wedha, Catur Yuga,  Catur Warna. Sosoknya adalah laki – laki tua berjanggut yang malambangkan alam semesta, ditangannya teradapat alat – alat seperti ; Tasbih, Sendok Besar dan kecil, Kendi, Pustaka. Masing – masing alat tersebut mengartikan awal dan akhir, upacara yadya, keabadian, dan juga ilmu pengetahuan. Dia juga berwahana Hamsa Putih yang berarti simbol dari kebijakasanaan

Dia sering digambarkan disandingkan dengan Dewi Saraswati yang melambangkan ilmu pengetahuan.

2.    Siwa

Siwa

Salah satu dari 3 dewa utama dalam mitologi Hindu selain Brahma dan Wisnu adalah Siwa. Siwa digambarkan sebagai sosok yang memusnahkan apa saja yang sudah tidak pantas lagi berada di dunia fana dan harus kembali ke tempat asalnya. Dahulu kala, dewa Siwa mendapatkan tugas untuk membasmi semua makhluk jahat di Tripura, Siwa diberikan setengah kekuatan dari para dewa dan ia naik tahta menjadi Mahadewa. Bahkan dinegara kita, khusunya di bali, dewa Siwa masih dipuja sampai sekarang tepatnya di Pura Dalem.

Dewa siwa digambarkan sebagai sesosok pria dengan kulit berwarna biru dan bermata tiga dengan senjata trisula yang didalamnya terdapat cemara, tasbih dan kendi bermata 3 dan juga genderang. Dikepalanya terdapat hiasan bulan sabit dengan ikat pinggang berkulit harimau. Di pundaknya pun terdapat sebuah hiasan dari ulah kobra. Di dalam sejarah indonesia, dewa siwa dipanggil dengan sebutan Batara Guru.

Para pengikut siwa memiliki ajaran sendiri yang berdasarkan pada kisah hidup dewa Siwa.

3.    Wisnu

Wisnu

Sri Wisnu atau yang biasa kenal dengan Dewa Wisnu adalah dewa yang bertugas sebagai pemelihara, pelindung, segala sesuatu ciptaan Dewa Brahma. Ia seringkali digambarkan sebagai dewa tertinggi sama seperti Brahman tapi dia enggan disamakan dengan Brahma yang sudah sama dengan Tuhan. Wisnu digambarkan dekat dengan Indra dan bahkan mereka sudah dianggap sebagai saudara. Mereka berdua membunuh Wretra kemudian meminum Soma. Wisnu juga digambarakan sebagai salah satu aditya. Ia juga mampu melangkahi 3 alam yaitu Langit, Dunia, dan Surga.

Wisnu digambarkan sebagai sosok pria dengan tubuh kebiruan, berkalung bunga dan memegang senjata gadha dan cakra. Ia memiliki seorang pendamping bernama Dewi Laksmi. Ia mengendarai sebuah burung garuda untuk berpergian. Ia dikabarkan akan turun ke dunia bila terjadi kekacauan besar yang berpotensi merusak. Ia memiliki 10 penjelmaan atau yang biasa orang Hindu sebut Avatara. Avatara Wisnu antara lain adalah kura-kura, singa, ikan raksasa, Rama dalam kisah Ramayana, Krishna, danWisnu dengan kuda putih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *