Dante Inferno

Dante Inferno

Durante Degli Aloghieri merupakan sebuah penyair pada tahun 1308 yang menulis sebuah karya bernama Divine Comedy. Bagian pertama dari karya ini berjudul Inferno yang dalam  bahasa Italia berarti neraka. Profesi Dante yang merupakan penyair juga menginspirasi banyak orang  salah satunya adalah penulis Dan Brown. Dan Brown sendiri mengangkat tema dan judul yang sama dengan karya aslinya yaitu Inferno. Buku ini menjadi salah satu buku terlaris di jamannya.

Inferno Sendiri Merupakan sebuah neraka yang diceritakan oleh Dante dengan sudut pandang orang pertama, ia bercerita bahwa ia sedang berjalan – jalan di neraka yang memiliki 9 tingkatan. Ia berada di hutan berantah tang sangat gelap dan kemudian ia diserang oleh makhluk buas. Ia kemudian diselamatkan oleh seorang penyair dari Romawi bernama Virgil ( Publius Vergilius Maro ) yang diutus oleh wanita pujaan Dante bernama Beatrice. Perjalanan mereka di neraka pun dimulai.

Berikut adalah perjalanan mereka dalam Dante Inferno.

1. Limbo

Limbo

Tempat yang pertama kali didatangi oleh Dante dan Vergil adalah neraka tingkat pertama yang paling dangkal yaitu Limbo. Limbo merupakan tempat bagi mereka yang saleh namun tidak memeluk kristen dan orang – orang kafir yang tidak dibaptis. Mereka mendapatkan hukuman yaitu kekekalan  di Limbo. Mereka tinggal dalam sebuah kastil yang memiliki 7 pintu yang melambangkan 7 kebajikan. Di neraka Limbo Dante bertemu dengan orang – orang berpengaruh pada jaman kuno seperti Julius Caesar, Socrates, Cicero, Aristoteles dan masih banyak lagi.

2. Lust

Lust

Dante dan Vergil memasuki lingkaran kedua yang merupakan neraka tingkat 2 bernama Lust. Mereka menemukan orang – orang dengan hasrat nafsu yang dihukum dengan ditiup bolak – balik oleh angin kencang. Mereka tidak akan bisa merasakan kedamaian dan ketenangan. Angin Kencang ini merupakan simbol dari kegelisahan yang dikuasai oleh nafsu birahi. Di neraka ini juga Dante dan Vergil kembali bertemu dengan tokoh – tokoh terkenal yang diceritakan pada mitologi seperti Troy, Tristan, Helen dan masih banyak lagi para penzina.

3. Gluttony

Gluttony

Disini Dante dan Vergil memasuki neraka tingkat tiga yang bernama Gluttony. Neraka ini dipenuhi oleh para jiwa rakus yang sedang diawasi oleh anjing berkepala tiga bernama Cerberus. Orang – orang rakus ini dihukum dengan cara dipaksa berbaring di kolam lumpur dengan hujan es abadi. Lumpur ini melambang kerakusan – kerakusan mereka saat masih ada di dunia yang terlalu banyak makan, minum dan semua kesengan daging lainnya. Mereka ibarat tenggelam dalam dosanya sendiri.

4. Greed

Greed

Di neraka tingkat empat yang bernama Greed ini Dante dan Vergil bertemu dengan jiwa – jiwa yang sedang menjalani hukuman karena keserakahan mereka saat masih di dunia. Mereka terbagi menjadi 2 golongan yaitu, Para penimbun harta dan para penghabis harta. Sosok mereka juga diawasi dan dijaga oleh Pluto. Dante dan Vergil kembali dengan orang – orang berpengaruh di dunia yaitu Kardinal dan Paus sedang menjalani hukuman di neraka keserakahan ini.

5. Anger

Anger

Anger merupakan tempat bagi mereka yang marah dan murka atas hukuman yang dijatuhkan atas mereka. Neraka tingkat ke lima ini harus dilalui oleh perahu yang dibawa oleh Phlegyas. Dante dan Vergil melihat banyak orang – orang sedang bertarung di atas sungai Stix dengan amarah dan kebencian yang meluap – luap. Dante bertemu dengan politisi terkemuka bernama Fillipo Argenti.

6. Heresy

Heresy

Di neraka ke enam, Dante dan Vergil bertemu dengan para orang – orang munafik yang dihukum dalam kuburan abadi yang menyala – nyala. Tokoh – tokoh sejarah terkenal seperti Filsuf Yunani Kuno bernama Epicurus dan Kaisar Romawi Suci Frederick sedang menajalani hukuman di neraka ini.

7. Violence

Violence

Nereka Ketujuh dibagi menjadi tiga buah cincin.

  • Cincin terluar merupakan rumah bagi para pembunuh dan pelaku kekerasan. Mereka disiksa oleh makhluk legenda Centaurus dengan cara menenggelamkan mereka ke dasar sungai darah yang mendidih.
  • Cincin tengah diisi dengan orang – orang yang bunuh diri dan berubah menjadi pohon. Mereka sedang disantap oleh Harpy
  • Cincin dalam merupakan para orang – orang cabul pelaku sodomi yang sedang berada di gurun pasir dengan hujan api.

8. Fraud

Fraud

Dante dan Vergil sampai ke tempat ini dengan bantuan monster Geryon. Neraka kedelapan merupakan  sarang dari para penipu. Neraka ini juga dibagi menjadi 10 bolia yaitu :

  • Bolia 1 : Diisi oleh para calo penggoda
  • Bolia 2: Diisi oleh para penyanjung
  • Bolia 3: Diisi oleh para Simony
  • Bolia 4: Diisi oleh para Tukang Sihir dan Nabi Palsu
  • Bolia 5: Diisi oleh para politis korup
  • Bolia 6: Diisi oleh orang munafik
  • Bolia 7: Diisi oleh pencuri
  • Bolia 8: Diisi oleh penasihat jahat
  • Bolia 9 Diisi oleh pengadu domba
  • Bolia 10 Diisi oleh pemalsu alkemis

9. Treachery

Treachery

Dante dan Vergil sampai di neraka paling dalam dan diisi dengan orang  – orang yang beku di dalam danau es. Neraka ini dibagi menjadi 4 lapis sesuai dengan berat dosa mereka. Lapisan – lapisan neraka ini dinamai  dengan dosa manusia yaitu :

  • Cain
  • Antenora
  • Plotomaea
  • Yudas

 

Baca Juga : Penyiksaan Paling Sadis Sepanjang Sejarah.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.