BEBERAPA MENGUAK FAKTA YANG ADA DI GUNUNG SALAK

BEBERAPA MENGUAK FAKTA YANG ADA DI GUNUNG SALAK

Salah satu gunung di Indonesia yang terkenal angker yaitu Gunung Salak yang berlokasi di Jawa Barat, tepatnya di antara wilayah Bogor dan Sukabumi. Namun tidak asing lagi bagi para pendaki tentang Gunung Salak yang terkenal mistis yang berselimut misteri. Gunung Salak sendiri mempunyai ketinggian 2.211 mdpl, dan di kelola sebagai Taman Nasiona Halimun Salak sejak tahun 2003. Berikut saya akan menguak beberapa fakta tentang Gunung Salak.

 

Gunung Berapi yang Masih Aktif

Di indonesia Gunung Salak masih terbilang yang saat ini masih berstatus sangat aktif, dan pernah meletus sebanyak tujuh kali sejak tahun 1600an-1900an. Adapun terakhir meletus pada tahun 1938 menghasilkan erupsi freatik di Kawah Cikuluwung Putri. Sedangkan erupsi terbesarnya terjadi pada tahun 1966.

Diketahui terdapat banyak Curug

Tidak asing lagi bagi para pendaki Gunung Salak memang terkenal angker, di balik ceritanya yang angker pesona alamnya memiliki keindahan yang luar biasa. Adapun beberapa curug yang ada di Gunung Salak seperti Curug Cigamea, Curuk Pangeran, Curug Nangka, Curug Ngumpet, Curug Luhur dan banyak lainnya. Seperti yang di ketahui perjalanan menuju curug ke curug satu lainnya kalian akan di suguhi pemandangan hutan-hutan pinus yang asri.

Jalur pendakian menuju puncak Gunung Salak

Jarang ada pendaki yang memilih mendaki Gunung Salak karena konon masih sangat angker, Gunung Salak sendiri mempunyai tujuh puncak gunung, salah satu puncak tertingginya adalah puncak Salak satu dengan ketinggian 2.211 mdpl. Selain itu medan jalur nya masih sangat extrim dan sulit untuk di lalui. Bagi anda yang tertarik untuk mendaki Gunung Salak, ada empat pilihan jalur pendakian, jalur Ajisaka memiliki jarak tempuh 140 menit, pasar Rengit 70 menit, dan Cimelati 120 menit.

Fakta atau mitos Gunung Salak angker

Bisa di sebut Gunung Salak adalah gunung terangker di Jawa Barat, itu karena banyaknya pendaki yang hilang atau meninggal dunia di Gunung Salak. Konon menurut warga setempat banyak kejadian mistis yang terjadi di tempat tersebut. Bahkan banyak penduduk yang percaya di lereng Gunung Salak telah di jaga oleh makhluk gaib. Sosok makhluk itu berupa Sri Baduga Maharaja Prabu Siliwangi, seorang Raja yang di kenal sejak zaman dahulu yang menjaga gunung itu hingga sekarang.

Pantangan yang ada di Gunung Salak

Semua gunung pasti memiliki pantangan atau tidak boleh sembarangan mengucap, di Gunung Salak sendiri pantangan yang tidak boleh di langgar seperti misalnya kalian sembarangan memetik bunga anggrek dan sangat di larang menanyakan keberadaan buah salak, itu karena Gunung Salak berasal dari bahasa sansekerta “salaka” yang artinya perak, sehingga gunung salak adalah Gunung Perak.

Itulah beberapa menguak fakta yang ada di Gunung Salak, memang semua gunung terbilang angker dan berbau mistis. Semua yang terjadi atas kehendak yang maha kuasa, sebagai manusia kita tidak boleh asal sembarangan harus izin sama yang punya tempat, ada istilah nya dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung, dimana kita harus menghormati dimanapun kita berada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *