ASAL-USUL MAKHLUK GAIB YANG DISEBUT LEAK

ASAL-USUL MAKHLUK GAIB YANG DISEBUT LEAK

Salah satu makhluk mitologi yg terkenal didaerah bali adalah hantu LEAK.

Tidak di ragukan lagi keindahannya, pesona bali tidak pernah lepas dari keindahan surganya bagi para wisatawan. Sehingga banyaknya turis lokal maupun mancanegara yg memilih datang ke bali untuk liburan. Dibalik pesonanya yg indah, bali sendiri tidak jauh dari sosok makhluk menyeramkan yg satu ini, Pasti kalian tidak asing dengan namanya, makhluk berwujud menyeramkan asal bali ini. Adapun saya akan menjelaskan sejarah tentang hantu LEAK.

 

 

 

                                                                     pesona bali

 

 

Sejarah hantu leak ataupun mitos nya sudah banyak menjadi perbincangan bagi masyarakat INDONESIA khususnya di BALI.

Leak berwujud menyeramkan dengan mata besar, bergigi taring dengan perawakan yang tinggi, dan besar serta berbulu, dengan lidah yang menjulur panjang. Menurut cerita yang beredar di masyarakat, Leak merupakan makhluk jelmaan yang mempelajari ilmu hitam, dan untuk memperkuat ilmunya ia harus mencari tumbal. Biasanya Leak suka mencari organ tubuh manusia untuk dijadikan ramuan. Leak mengincar organ tubuh manusia berupa mayat, maka dari itu sering warga yang bertemu dengannya di sekitar pemakaman bali. Tidak hanya mayat, Leak juga mengincar organ tubuh manusia yang masih hidup.

Tidak hanya itu saja, yang menjadi tumbal juga wanita hamil karena untuk dihisap darah bayi yang ada di kandungannya. Jika di siang hari, Leak akan berubah menjadi manusia seperti biasa, dan pada malam hari mengubah diri menjadi Leak untuk menjalankan segala ritualnya. Sungguh meyeramkan khususnya bagi masyarakat BALI itu sendiri.

 

 

                                                                                   gambar ilustrasi leak

Asal muasal hantu leak

Masyarakat Bali memiliki cerita mengenai dari mana asal leak Bali tersebut. Dari pendapat masyarakat Bali, Legenda Leak Bali berasal dari sebuah cerita yang muncul dari abad ke 11 Masehi. Di mana pada masa itu adalah masa pemerintahan Raja Erlangga. Pada masa itu, ada seorang janda bernama Calonarang yang mana menurut warga di sekitar, janda tersebut memiliki sebuah ilmu sihir hitam karena sering sekali melantunkan kidung-kidung yang berbahasa aneh. Bahkan sering sekali janda tersebut mengurung diri ketika matahari terbenam dan juga saat matahari terbit.

Karena reputasi buruk yang ia sandang, akhirnya membuat pihak dari istana untuk mengambil tindakan untuk menghukumnya. Karena takut berhadapan langsung, para prajurit istana berencana untuk membunuh Calonarang saat ia sedang tertidur di malam hari. Akan tetapi, ketika para prajurti tersebut akan melakukan rencananya, tiba-tiba saja Calonarang terbangun dan langsung marah ketika melihat ada orang yang akan membunuhnya. Calonarang pun langsung melotot seperti hampir keluar dan giginya mengeluarkan taring yang panjang serta mulutnya keluar semburan api yang membunuh para prajurit tersebut. Itulah sekilas tentang asal usul leak Bali.

Menurut kepercayaan masyarakat di bali, Leak Bali memiliki tiga legendaris. Di antaranya yaitu dua perempuan dan satu laki-laki. Leak dapat mengubah dirinya juga sebagai hewan kera, babi, dan wujud hewan lainnya, juga dapat berubah wujud menjadi bola api. Konon mitosnya, apabila seseorang menusuk leher Leak dari bawah ke arah kepala, jika kepalanya terpisah dari tubuhnya dalam jangka waktu tertentu, Leak akan mati.

Namun di balik kisah misterinya tersebut, sejarah leak Bali menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat lainnya karena memiliki unsur budaya yang identik dengan masyarakat Bali. Sehingga cerita leak Bali ini juga pernah diangkat ke sebuah film di Indonesia. Beberapa masyarakat Bali juga mengatakan bahwa leak Bali ada yang berwujud kepala manusia dengan organnya yang masih ada di kepala tersebut. Mereka mengatakan juga bahwa ilmu leak Bali hanya bisa berfungsi di Bali saja sehingga leak Bali ditemukan hanya di Bali.

Bali memiliki kisah ragam misteri termasuk Leak Bali, dan wujud Leak Bali pun menjadi daya tarik masyarakat,dan menjadikannya sebagai sebuah bagian dalam kebudayaan Bali, tak jarang banyak sovenir yang di jual di sana berupa karakter Leak Bali untuk dijualbelikan kepada para wisatawan. Berikut artikel dari saya hanya itu yg dapat saya ceritakan tentang makhluk gaib yang disebut leak. 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *