Alat Musik Tradisional yang Punya Aura Mistis

Alat Musik Tradisional yang Punya Aura Mistis

Musik sudah ada sejak jaman manusia masih berada di jaman dahulu. Berkembangnya musik menulis banyak sekali sejarah di dunia. Mulai dari bentuk yang paling sederhana kemudian tecipta instrumen sederhana sampai alat musik modern yang kemudian menciptakan beragam macam instrumen. Musik juga memiliki banyak peruntukan Mulai dari puji – pujian, pesta, hingga menjadi sihir. Musik memiliki sejarah pernah dijadikan sebagai salah satu bagian sihir. Mulai dari nyanyian hingga alat musik pernah dikaitkan dengan hal – hal ghaib.

Konon alat – alat musik tradisional ada yang memberikan kesan mistis, bahkan di Indonesia sendiri terdapat beberapa alat musik yang konon “ditempati” oleh makhluk halus. Di kraton – kraton Yogyakarta, memiliki sebuah aturan yang melarang siapapun untuk melangkahi gamelan. Di dunia pun ternyata ada beberapa alat musik yang dipercaya menyimpan hal serupa. Bahkan ada alat musik yang sama sekali tidak menghasilkan suara indah, bunyi yang dikeluarkan dari alat musik tersebut lebih terkesan mengerikan dan jug menakutkan untuk didengar.

berikut adalah Alat Musik Tradisional yang Punya Aura Mistis

1. Ocarina

Ocarina

Salah satu alat musik kuno yang diakui sebagai salah satu alat musik tertua ini dimainkan dengan cara ditiup. Sudah ada sejak 12000 tahun lalu sejak jaman batu sudah beridiri. Berbentuk bulat pipih seperti telur yang memiliki saluran kecil. Bentuk okarina yang seperti angsa menginsipirasi namanya yang berarti angsa kecil. Dibalik itu semua ternyata okarina mempunyai sesuatu yang berhubungan dengan mistis. Okarina sudah dipakai oleh orang Amerika pada era Mesoamerican sebagai salah satu alat musik untuk mengiring upacara – upacara khusus.

Okarina juga kerap digunakan sebagai instrumen ritual – ritual para penduduk. Namun okarina bukanlah alat musik yang mendatangkan keburukan ataupun makhluk halus. Okarina justru konon dipercaya dapat digunakan sebagai alat berkomunikasi dengan Yang Maha Esa. Okarina juga dapat memanggil para burung dan dijadikan sebagai alat untuk bersahut – sahutan dengan mereka. Ada juga legenda yang mengatakan jika okarina dapat mengirimkan manusia ke suatu daerah yang misterius. Okarina menjadi salah alat musik yang dapat membawakan rasa damai bagi pendengar maupun pemain.

2. Mbira

Mbira

Alat musik yang mirip dengan kalimba ini berasal dari salah satu suku kuno asal Zimbabwe. Alat musik ini konon sudah diciptakan lebih dari 1000 tahun yang lalu. Berbentuk lempengan logam sebesar gagang sendok yang disusun membua alat musik satu ini menjadi unik. Suara yang dihasilkan pun bervariatif dan juga indah. Namun dibalik itu semua, alat musik ini adalah salah satu alat musik yang bernuansa mistis. Bahkan alat musik ini konon hanya dipakai dalam ritual – ritual yang bersifat kramat dan juga sakral. Alat musik ini diakui memang memiliki nuansa yangg cukup “kuat”.

Alat ini diakui dapat memanggil roh – roh para leluhur keluar. Bahkan para peneliti menjuluki alat ini dengan “Telephone to the Spirits”. Tujuan dalam ritual pemanggilan roh tersebut adalah untuk membantu para generasi muda dalam menemukan petunjuk. Selain sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan roh, Mbira juga konon digunakan sebagai alat untuk melakukan sihir. Mereka dapat mengontrol Cuaca panas dan hujan, Menjauhkan roh – roh yang jahat hingga mengobati para masyarakat yang sedang sakit. Sampai sekarang alat musik Mbira masih dianggap sakral.

3. Gamelan

Gamelan

Gamelan adalah salah satu alat musik yang diciptakan pada 230 SM oleh batara guru. Alat musik tradisional ini kebanyakan ada dalam setiap pentas seni tradisional yang ada di Indonesia. Gamelan terkenal sebagai alat musik dari jawa yang memiliki banyak instrumen didalamnya. Gamelan terdiri dari Bonang, Gender, Gong, Kendhang, Kenon, Peking, Saron, Slenthem, Gambang, Siter, Kemanak, Seruling dan juga Rebab. Gamelan sendiri di Indonesia menjadi salah satu alat musik yang dianggap sakral. Bahkan di beberapa daerah di jawa memiliki aturan tersendiri untuk gamelan.

Gamelan dipercaya tidak boleh dilangkahi oleh orang – orang. Karena gamelan yang benar – benar sakral konon terdapat “isi”nya. Kesaksian gamelan berbunyi sendiri juga sudah banyak dilaporkan oleh masyarakat umum maupun dari pembuat dan pengrajin gamelan. Setiap gamelan yang dibeli, terkadang sang pengrajin akan melakukan ritual khusus agar tidak terjadi sesuatu. Umur gamelan yang sudah terbilang tua terkadang membuat tempat – tempat bersejarah sering terdengar suara gamelan yang entah darimana. DIketahui di Gua Belanda anda kerap mendengar suara gamelan misterius.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *