7 Malaikat Archangel

7 Malaikat Archangel

Sebelum dunia diciptakan, Tuhan duduk ditahtanya bersama dengan malaikat – malaikatnya di Surga. Ia menciptakan malaikat lebih dulu dari manusia di bumi. Wujud malaikat sendiri adalah makhluk supranatural yang muncul dalam setiap mitologi – mitologi agama. Makhluk surga ini seringkali digambarkan sebagai sosok yang baik hati dan kerap juga dianggap makhluk yang suci. Mereka menjadi perantara antara Tuhan , Surga dan manusia sebagai jembatan penghubung. Mereka juga memiliki tugas sebagai pembimbing dan pelindung umat manusia dalam menjalani tugas – tugas dari Allah.

Dari beribu – ribu malaikat yang Tuhan ciptakan, ada beberapa malaikat yang posisinya lebih tinggi  dari malaikat lain. Mereka kerap disebut dengan 7 Malaikat Agung atau Archangel. Tadinya posisi agung ini diisi oleh 8 malaikat, namun karena kesombongan dan keserakahan dia, ia dijatuhkan ke bumi oleh Tuhan dan menjadi penguasa neraka. 7 Malaikat ini sudah ada sejak jaman penciptaan dan memiliki Tugas yang lebih banyak dari malaikat – malaikat lain. Mereka juga kerap muncul dalam kitab – kitab suci sebagai penunjuk jalan Nabi – nabi.

Berikut adalah 7 Malaikat Agung atau 7 Malaikat Archangel.

1. Mikael

Mikael

Mengisi posisi kesatu dari 7 malaikat agung, Mikael kerap dianggap yang terkuat dan yang terdekat dengan Tuhan. Namanya sendiri berarti “One Who is a God”. Ia memimpin peperangan di surga melawan para setan dan pengikutnya, Ia dikenal sebagai “Princess of Heaven” dan sebagai pemimpin seluruh pasukan surga dalam kemenangan atas neraka. Dia dihormati sebagai pelindung, pembimbing dari jama nabi dan rasul. Ia juga memiliki julukan berbeda di tempat lain yaitu “Pangeran dari Seraphim” atau “Orde of Angel”. Mikael selalu terlihat membawa pedang.

Mikael digambarkan sebagai pemuda tampan dengan sayap berwarna biru terang. Ditangannya terdapat pedang, perisai dan neraca penimbang keadilan. Sejak neraka diciptakan, Mikael disebutkan tidak pernah lagi terlihat tersenyum. Mikael diberi tanggung jawab oleh Tuhan atas alam, hujan, salju, guntur, petir , angin dan awan. Mikael juga adalah salah satu malaikat yang turun saat Lucifer membuat kekacauan di surga. Setelah Lucifer memporak – porandakan malaikat lain, Mikael turun tangan dan langsung menghukum Lucifer disusul dengan Tuhan yang melemparkan ia ke bumi.

2. Gabriel

Gabriel

Mengisi posisi kedua dari 7 malaikat agung, Gabriel merupakan malaikat yang Tuhan tunjuk untuk berada di sisi – Nya sebagai “asisten”. Nama Gabriel sendiri berarti “Man of God” atau “God Has Own Himself Mightily” atau bisa juga “Strength of God”. Ia yang bertanggung jawab atas kabar sukacita, kemanusiaan, kebangkitan, Rahmat Surgawi, dendam, kematian, wahyu, kebenaran, harapan, pembawa berita, pembawa yang mengungkapan jawaban, dan pembuat perubahan. Malaikat Gabriel adalah sosok Malaikat yang muncul dalam Alkitab.

Di dalam Alkitab, Gabriel menyampaikan pesan kepada umat manusia. Ia juga malaikat yang memberitahukan berita kelahiran Yesus kepada Maria dan kelahiran Yohanes Pembaptis kepada Zakharia. Nama Gabriel sendiri berasal dari kata Gbra dan El. Gbra memiliki  arti yaitu : pelindung, perkasa dan benteng. Sedangkan El berarti : Allah, Tuhan, Eloah. Kata tersebut jika digabungkan berarti pelindung Tuhan, perkasa Tuhan dan juga benteng Tuhan. Ia adalah salah satu dari tujuh malaikat yang berdiri langsung di hadapan Tuhan.

3. Raphael

Rafael

Mengisi posisi ke tiga dari 7 malaikat agung, Rafeael ditugaskan oleh Tuhan sebagai penyembuh bumi dan memiliki tugas khusus melindungi yang tidak bersalah, melindungi generasi muda, dan juga wisatawan. Nama Rafael sendiri berarti “Medicine of God” atau “Sang Penyembuh”. Ia bertanggung jawab atas Doa, kasih, sukacita, providensia, penyembuhan, cahaya, ilmu, pengetahuan, dan pendidikan. Musim semi dan kelahiran kembali juga dilambangkan sebagai malaikat Raphael. Ia merupakan penyembuh diatas penyembuh nomor 2 dibawah Tuhan.

Raphael adalah malaikat yang turun saat terjadi goncangan air di kolam Bethesda ( Yohanes 5 : 1 – 4). Bagi siapapun orang sakit yang masuk pertama kali ke kolam itu setelah goncangan, maka orang itu akan sembuh dari penyakit apapun. Raphael berkuasa atas seluruh penyakit di dunia ini. Di agama Islam, Raphael memiliki versi yang berbeda. Ia bernama Israfil dan tugasnya bukan sebagai penyembuh umat manusia. Di Islam malaikat ini bertugas untuk meniup sangkakala pada akhir zaman. Berbeda dari kayakinan orang Kristen dan Katolik.

4. Jophiel

Jophiel

Mengisi posisi ke empat dari 7 malaikat agung, Jophiel membantu memerangi, merawat planet kita dan membawa umat manusia kepada karunia kecantikan. Nama Jophiel sendiri berarti “Beauty of God” atau Kecantikan Ilahi. Ia berkuasa atas Informasi, Pendidikan, Pembubaran kebodohan, Kesombongan, pikiran sempit, dan esksposur kesalahan di pemerintah perusahaan. Jophiel juga merupakan malaikat pelindung seniman, Archangel pencerahan. Ia juga dikenal sebagai salah satu dari banyak pemimpim yang memimpin paduan suara dari Cherub.

Ia adalah salah satu putri/pangeran yang berkuasa atas Orde of Thrones dan menjadi guru pertama di dunia kita. Ia jugalah yang mengusir Adam dan Hawa dari taman Eden. Karena hal inilah Jophiel menjadi malaikat yang menerima kehormatan pertama di dalam Alkitab. Jophiel menjaga pohon kehidupan dengan sayapnya yang digambarkan memiliki aura putih cerah. Ia melakukan itu untukmencegah siapapun terutama manusia untuk tidak kembali mendatangi pohon kehidupan.

5. Azrael

Azrael

Mengisi posisi ke lima dari 7 malaikat agung, Azrael bertugas untuk mencabut nyawa dan menghentikan segala kemungkinan dari jalan hidup kita. Oleh karena ini malaikat Azrael menjadi malaikat yang paling ditakuti oleh umat manusia. Nama Azrael sendiri berarti “Angel of Death” atau malaikat pencabut nyawa. Azrael menjadi malikat pertama yang mendapat tugas dari Tuhan untuk mengumpulkan tanah liat. Dikisahkan bahwa bumi awalnya enggan memberikan tanah liat lalu kemudian Azrael “memaksa” sang bumi untuk memberikan tanah tersebut.

Oleh karena itu, Tuhan memberikan kuasa atas kematian dan umur kepada Azrael. Ia diperbolehkan mencabut seluruh yang bernyawa di muka bumi dengan ijin dan perintah Tuhan.

6. Uriel

Uriel

Mengisi posisi  ke enam dari 7 malaikat agung, Uriel bertugas untuk menjaga pintu gerbang Taman Eden dengan pedang berapi. Ia juga malaikat yang dikenal meratakan kota Sodom dan Gomora menjadi abu atas surhan Tuhan karena manusia – manusia tersebut sesat. Nama uriel sendiri berarti “God is My Light”, atau “God is Light” atau “Radiation God” atau “Fire of God”. Ia merupakan malaikat terkemuka dengan banyak sekali julukan. Uriel juga dipercaya sebagai malaikat yang turun pada tulah ke – 10 di mesir. Ialah yang memeriksa setiap pintu dengan darah domba.

7. Israfel

Israfel

Mengisisi posisi terkahir dalam 7 malaikat agung, Israfel bertugas untuk meniup sangkakala di atas batu karang suci Yerusalem pada akhir jaman. Sangkakala itu akan membangkitan orang mati dan memanggil semua yang pernah hidup untuk diadili. Nama Israfel sendiri berarti “Burning One” dan “Angel of Song”. Israfel juga dipercaya sebagai malaikat yang memiliki suara termerdu diantara lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *