7 Fakta Kelelawar Vampir yang Bisa Menghisap Darah Manusia

7 Fakta Kelelawar Vampir yang Bisa Menghisap Darah Manusia

Fakta Kelelawar Vampir Pernah dengar vampir? Makluk mistis yang suka menghisap darah manusia sebagai cara untuk bertahan hidup? Ternyata di dunia nyata vampir benar-benar ada. Itu tergambar pada hewan nocturnal bernama kelelawar. Yup, nama lengkapnya adalah kelelawar vampir.

Hewan ini memang benar-benar mengkonsumsi darah sebagai makanannya. Baik itu darah binatang dan termasuk juga darah manusia. Hewan ini patut anda waspadai ketika berada di alam liar saat malam hari. Sebab bisa-bisa anda menjadi mangsanya.

Baca juga: 4 Perbedaan Antara Vampir Cina dan Vampir Barat

Meski menggunakan embel-embel vampir, kelelawar jenis ini tidak minum darah seperti vampir. Kelelawar vampir akan mengambil darah mangsanya dengan cara dijilat dan tidak dihisap.

Nah, pada artikel ini akan kami uraikan 7 fakta menarik tentang kelelawar vampir yang mesti anda ketahui.

Ada 3 Spesies dari 1.300 Spesies Kelelawar

7 Fakta Kelelawar Vampir yang Menghisap Darah Manusia

Melansir laman Public Broadcasting Service, hanya ada 3 spesies kelelawar yang tergolong kelelawar vampir, di antara lebih dari 1.300 spesies di dunia. Ketiga spesies ini termasuk kelelawar vampir biasa (Desmodus rotundus), kelelawar vampir kaki berbulu (Diphylla ecaudata), dan kelelawar vampir bersayap putih (Diaemus youngi). Anda perlu terbang ke Amerika Selatan dan Amerika Tengah untuk melihat ketiga spesies kelelawar ini di alam liar.

Tidak Mengisap Tapi Menjilat Darah

Jika Anda mengira kelelawar vampir menghisap darah seperti vampir yang Anda tonton di film, Anda salah. Sebaliknya, mereka menjilatnya seperti kucing minum air. Cara mereka mengkonsumsi darah dimulai dengan menyayat bagian tubuh yang dekat arteri dengan gigi tajam, kemudian menjilat darah yang keluar.

Liurnya Cegah Pembekuan Darah Mangsa

7 Fakta Kelelawar Vampir yang Menghisap Darah Manusia

Mengutip laman Mental Floss, air liur kelelawar vampir mengandung protein yang disebut aktivator plasminogen. Protein ini mencegah darah dari penggumpalan sehingga terus mengalir dengan lancar saat kelelawar meminum darah mangsanya.

Minum Sedikit Darah

Menurut laman One Kind Planet, kelelawar vampir hanya mengambil satu ons (ons Amerika Serikat) atau sekitar 29 ml darah sekaligus untuk memenuhi kebutuhan energinya. Ini sekitar setengah dari berat badan mereka. Jika mereka tidak menemukan atau meminum darah selama dua hari berturut-turut, mereka bisa kelaparan.

Minum Darah Manusia

7 Fakta Kelelawar Vampir yang Menghisap Darah Manusia

Kelelawar vampir umumnya memakan ternak dan burung, tetapi bukan berarti mereka tidak tergoda oleh darah manusia. Jika Anda kebetulan berkemah tanpa perlindungan di area yang dihuni oleh kelelawar vampir, ada kemungkinan besar darah Anda akan dijilat saat Anda tidur. Meski hal ini terbilang langka dan terkesan sepele karena tidak banyak darah yang diambil, para ilmuwan tetap menganjurkan agar Anda mengunjungi layanan kesehatan untuk pemeriksaan dan suntikan rabies demi keamanan.

 Memiliki tubuh yang ringan dan gesit, kelelawar vampir sulit untuk diperhatikan, bahkan jika mereka meminum darah Anda. Berbeda dengan kelelawar biasa, kelelawar vampir bisa berjalan, berlari dan melompat. Menurut laman One Kind Planet, mereka memiliki kaki belakang dan ibu jari yang kuat yang membantu mereka melompat dan lepas landas dengan lebih mudah.

Ditambah dengan kemampuan ekolokasi mereka, yang memungkinkan mereka untuk melihat dalam kegelapan, kelelawar vampir menjadi makhluk penghisap darah yang ahli dalam menyelinap. Anda tidak akan tahu bahwa Anda telah digigit oleh vampir ini jika Anda tidak menyadari bekas gigitannya atau Anda telah terjangkit penyakit yang dibawanya.

Berbagi Makanan

Tidak hanya antara induk kelelawar dan anak-anaknya, kelelawar vampir juga akan berbagi darah dengan teman dekat mereka yang tidak sempat makan. Mereka membagi makanan mereka dengan memuntahkan darah yang telah mereka minum. Kelelawar yang diberi makan oleh temannya akan membalas budi dengan memberi makan kelelawar yang sedang dalam kesulitan. Jika seekor kelelawar curang, hanya meminta tanpa memberi, kemungkinan besar teman-temannya akan mengabaikannya jika suatu saat ia membutuhkan bantuan lagi.

Itulah 7 fakta tentang kelelawar vampir yang mungkin jarang diketahui orang.
Semoga bermanfaat.

Baca juga: 7 Fakta Tentang Raja Dracula Vlad Tepes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *