5 Hantu Dalam Mitologi Masyarakat Sulawesi Selatan

5 Hantu Dalam Mitologi Masyarakat Sulawesi Selatan

Membicarakan hantu atau makhluk gaib lainnya terkadang menjadi hal yang harus dihindari saat bersantai bersama keluarga. Namun di Sulawesi Selatan, banyak orang tua yang mempercayai dan menakut-nakuti anaknya dengan legenda hantu yang terkenal.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 7 hantu legendaris di Sulawesi Selatan beserta aksinya:

Tallu Ana

Meski tidak sepopuler Wewe Gombel yang banyak dikenal di Indonesia, hantu yang namanya berarti Tiga Anak ini memiliki perilaku yang mirip dengan Wewe Gombel, yakni menculik seorang anak kecil yang sedang bermain di luar rumah.

Bedanya, hantu ini hanya menyembunyikan anak kecil selama tiga hari. Selain itu, tidak perlu memanggil orang pintar atau penabuh drum untuk mendapatkan anak-anak yang diculik seperti Wewe Gombel.

Poppo

Diyakini sebagai inkarnasi manusia yang gagal mempelajari ilmu hitam, Poppo sendiri juga dinilai cukup berbahaya. Ia sering muncul di malam hari dengan suara khas yang menakutkan.

Jika ada bayi yang baru lahir, maka orang tua akan menjaganya dengan jimat pengusiran setan Poppo karena mereka percaya hantu ini suka memangsa anak yang baru lahir.

Parakang

Parakang merupakan salah satu jenis hantu yang dipercaya sangat berbahaya. Parakang juga dianggap sebagai hantu manusia yang mirip dengan setan. Itu bisa muncul tidak hanya di malam hari tetapi juga di siang hari.

Dia bisa berubah menjadi binatang atau benda. Ditandai dengan rambut acak-acakan dan mata merah saat mencari mangsa, parakang merupakan sosok yang menakutkan bagi banyak orang. Apalagi hantu ini dipercaya sering memangsa manusia, bayi dan orang yang sekarat.

Longga

Longga sendiri dianggap mirip hantu raksasa yang tingginya bisa setinggi pohon kelapa. Umumnya orang yang percaya bahwa mereka pernah melihat hantu ini melihat bayangan hitam yang sangat tinggi.

Hantu ini sering muncul di malam hari sebelum matahari terbenam, dan diyakini suka menculik anak kecil dan menyembunyikannya. Saat disembunyikan, anak-anak akan diberi makan dengan hewan yang menjijikkan seperti cacing dan kaki seribu.

Bombo

Bombos adalah jenis hantu yang usil dan tidak terlalu menyeramkan. Hal ini sering dilihat sebagai penyebab kehilangan barang secara tiba-tiba.

Di kawasan Palopo, terkadang orang tua menyuruh anaknya bernyanyi meminta hantu Bombo untuk menunjukkan barang mereka yang hilang secara tiba-tiba.Jika Anda tiba-tiba kehilangan sesuatu, coba minta hantu Bombo untuk mengembalikannya, jika barang itu disembunyikan olehnya.

Patitong

Patitong atau batitong adalah sosok manusia yang berubah menjadi hantu. Batitong bisa muncul di malam hari dan bisa juga di siang hari. Namun hantu ini lebih sering terlihat pada malam hari. Patitong sering muncul di tempat yang kotor, seperti tempat pembuangan sampah.

Mereka sering terlihat menggaruk sampah atau muncul di tempat pembuangan kotoran manusia. Pada malam hari, patitong berjalan dengan memanfaatkan cahaya yang keluar dari lubang hidungnya. Cahaya itu terlihat seperti bola api kecil yang keluar dari hidung. Hantu Batitong juga dikenal sebagai predator ganas terutama pada orang sakit yang sedang sekarat.

Asu Panting

Asu panting adalah serigala versi bugis. Hantu ini memiliki kemampuan berlari yang sangat cepat, kedua kaki depannya lebih pendek dari pada kaki belakangnya. Jika orang Bugis kuno melihat kanguru, mereka akan langsung mengaku asu karena terengah-engah.

Tidak ada yang pernah melihat asu panting ini secara langsung, orang hanya bisa mendengar lolongan khasnya di malam hari. Asu panting ini memiliki rambut yang sangat halus, sehingga tidak bisa dilihat oleh mata kepala.

Jika Anda menginjak bulunya, konon kaki akan menjadi bengkak dan sulit sembuh. Orang-orang di desa yang melihat kaki penderita diabetes akan mengklaim bahwa mereka telah diinjak-injak oleh rambut panting.

Demikianlah 7 hantu yang terkenal dalam mitologi Sulawesi Selatan.
Semoga bermanfaat.

Baca juga: Suanggi, Maklus Halus Perwujudan Pengguna Ilmu Hitam di Papua

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.