4 Pohon Mistis dalam Masyarakat Bali, Wajib Beri Sesajen

4 Pohon Mistis dalam Masyarakat Bali, Wajib Beri Sesajen

Saat anda mengunjungi Bali, anda akan menemukan berbagai pohon-pohon besar dengan usia yang tua. Pohon-pohon tersebut dengaja dibiarkan karena dianggap sebagai pohon keramat dalam budaya Bali. Masyarakat pun memperlakukan pohon-pohon ini dengan spesial berupa pemberian sesajen di area dekat dengan pohon-pohon yang mereka anggap keramat.

Pemberian sesajen itu berhubungan erat denga kepercayaan mereka bahwa ada makhluk lain yang tinggal di sana. Mereka percaya jika tidak memberikan sesajen, penghuni pohon akan marah dan mengganggu orang-orang di sekitarnya.

Namun tidak semua pohon diperlakukan khusus seperti itu. Hanya ada 4 pohon yang dianggap mistis dan keramat dalam budaya Bali. Apa saja itu? Berikut ulasannya.

Pohon Bambu

Jenis pohon pertama yang diyakini sakral dan mistis oleh masyarakat Bali adalah pohon bambu. Pohon yang sering tumbuh berkelompok ini dikenal sebagai pohon yang menakutkan. Tak heran jika melintasi kawasan dengan pepohonan bambu pada malam hari membuat bulu kuduk berdiri.

Pohon Gedang Renteng

Gedang dalam bahasa Bali berarti pepaya. Pohon pepaya dengan jenis ruas gedang, diyakini sebagai pohon sakral dan mistis. Masyarakat Bali percaya bahwa pohon gedang secara bersama-sama menjadi tempat favorit untuk penyembunyian kebocoran. Tujuannya untuk menyerap aura mistis yang dimiliki pohon Gedang.

Pohon Beringin

Pohon beringin merupakan pohon sakral dan mistis yang perlu Anda ketahui keberadaannya di Bali. Pohon ini memiliki ciri khas pada akar gantungnya. Adanya akar gantung pada pohon beringin juga membuat tampilan pohon yang satu ini begitu menakutkan.

Salah satu pohon beringin yang dianggap sakral oleh masyarakat Bali bisa Anda temukan di Banjar Batu, Desa Batubulan. Di sini, Anda akan menemukan keberadaan pohon beringin raksasa yang diperkirakan berumur 500 tahun. Dikatakan bahwa setiap orang yang mencoba menebang pohon ini merasa ketakutan ketika berada di dekatnya.

Pohon Kepuh

Jenis pohon sakral dan mistis selanjutnya di Bali adalah pohon kepuh. Pohon ini merupakan kerabat jauh pohon kapuk. Layaknya pohon kapuk, pohon kepuh memiliki batang yang besar dan menjulang tinggi. Biasanya pohon ini bisa ditemukan tidak jauh dari areal pemakaman. Pohon kepuh di kawasan Bandara Ngurah Rai merupakan salah satu pohon kepuh yang dikeramatkan. Pohon ini berumur puluhan tahun. Dulu, letak pohon Kepuh ini dekat dengan Pura Tegal Melakang. Namun, karena proyek perluasan bandara, candi tersebut kemudian dipindahkan.

Demikian 4 pohon yang diyakini sakral dan mistis oleh masyarakat Bali. Bagaimana dengan anda?
Semoga bermanfaat.

Baca juga: 4 Pohon “Keramat” dalam Mitos Jawa yang Masih Dipercaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.