4 Pohon “Keramat” dalam Mitos Jawa yang Masih Dipercaya

4 Pohon “Keramat” dalam Mitos Jawa yang Masih Dipercaya

Pohon beringin adalah pohon yang dianggap mistis bagi masyarakat Indonesia, khususnya orang Jawa. Sebab menurut mereka pohon besar itu dianggap sebagai kediaman atau tempat tinggal dari makhluk halus seperti Genderuwo.

Selain beringin, ada 4 pohon lainnya yang dianggap sebagai pohon keramat dan keberadaannya dianggap sebagai tempat mistis. Pohon apa saja itu? Berikut ulasannya.

Pohon Bambu

Pohon bambu atau istilah jawa merupakan tanaman barongan yang dulunya merupakan tanda sebuah pemukiman atau perkampungan. Barongan sengaja ditanam dan dibiarkan tumbuh lebat untuk mematahkan angin kencang dan pagar. Namun di sisi lain, ketebalan pohon bambu ini menimbulkan mitos di benak sebagian masyarakat Jawa bahwa makhluk gaib bersarang di sana. Bahkan penduduk desa dahulu percaya bahwa jika seorang anak hilang, itu akan diculik oleh makhluk gaib.

Pohon Pisang

Pohon pisang yang sangat mudah ditemukan ini memiliki cerita mistis tersendiri. Sebagian masyarakat Jawa mempercayai bahwa pohon pisang memiliki fungsi magis yaitu sebagai sarana agar orang yang memiliki kekuatan magis menghilang. Tidak diketahui secara pasti darimana mitos ini berasal, namun mitos ini masih ada hingga saat ini di benak sebagian masyarakat Jawa.

Pohon Kenanga

Pohon kenanga memiliki bunga yang harum. Konon katanya, aroma harum yang dihasilkan bunga kenanga mampu mengundang mahluk halus sehingga dilarang ditanam di depan rumah. Namun karena kini bunga kenanga sudah lazim ditanam sebagai bunga hias, lama kelamaan mitos ini mulai dilupakan oleh masyarakat.

Pohon Sukun

Masyarakat percaya bahwa pohon sukun yang tinggi dan rimbun merupakan tempat asal genderuwo. Bahkan dari mitos tersebut terdapat larangan untuk tidak menyeberangi pohon sukun pada tengah malam untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Konon, pohon sukun juga dipercaya sebagai pembawa sial, namun belum jelas kesialan seperti apa yang diakibatkan dari pohon ini. 

Itulah 4 pohon yang dipercaya keramat olah masyarakat Jawa. Percaya atau tidak, semua kembali ke kita sendiri. Mitos hanyalah sebuah pengingat agar lebih berhati-hati dalam menjalani hidup.

Semoga bemanfaat.

Baca juga: 5 Film Horor Paling Merinding, Nomor 3 Paling Fenomenal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.