1000 Pintu penuh Misteri, Lawang Sewu

1000 Pintu penuh Misteri, Lawang Sewu

Salah satu tujuan wisata paling banyak dikunjungi ini adalah Lawang Sewu. Lawang Sewu terkenal akan banyaknya pintu yang terdapat disana. Selain itu lawang sewu juga sudah menjadi ciri khas kota semarang. Siapapun yang pergi ke semarang, kemungkinan besar akan pergi ke Lawang Sewu. Mereka hanya sekedar berkunjung atau….

Uji nyali. Ya, uji nyali kerap dilaksanakan di Lawang Sewu percaya tidak percaya. Lawang Sewu dipercaya sebagai salah satu bangunan paling berhantu yang ada di Indonesia. Banyaknya penampakan serta sejarahnya yang cukup kelam menguatkan kesan mistis yang terdapat di Lawang Sewu. Pernah ada salah satu acara televisi terkenal yang saat itu mengadakan uji nyali yang memperlihatkan penampakan di Lawang Sewu menambah kesan horror Bangunan tersebut.

 

1. Sejarah Lawang Sewu

Sejarah Lawang Sewu

Lawang Sewu dibangun pada tahun 1904 lalu selesai pada tahun 1907. Bangunan yang sebenarnya hanya memilik 429 pintu ini dibangun pada masa pemerintahan belanda. Lawang Sewu memiliki tampilan 3 lantai dengan model bangunan yang memiliki sayap disampingnya. Semua bahan bangunan yang dibuat untuk lawang sewu di impor langsung dari Eropa.

Bangunan yang memiliki 1200 daun pintu ini awalnya dibuat sebagai kantor perusahan kereta api milik Belanda. Namun bangunan ini tidak sanggup menampung semua personil perusahaan lalu ditinggalkan. Setelah ditinggalkan, bangunan ini kerap dijadikan penjara yang terbilang mengerikan.

Penjara yang terbilang tidak manusia ini memiliki 3 ruangan yaitu ruang penjara berdiri, ruang penjara jongkok sampai dengan ruang penyiksaan.

 

2. Awal Mula Kejadian Mistis

Awal Mula Kejadian Mistis

Sejarah bangunan yang awalnya sudah mengerikan membuat Lawang Sewu menjadi bangunan penuh kisah mistis. Penjara dengan penyiksaan tidak manusiawi yang menyebabkan korban jiwa sampai dengan saksi bisu pertempuran semarang yang menewaskan banyak orang membuat Lawang Sewu memiliki sejarah kelam. Ruangan – ruangan bekas sejarah kelam tersebut masih berdiri dengan kesan suram.

Ditambah lagi, sebelum pemugaran bangunan ini tampak memprihatinkan. Bekas pertempuran membekas di setiap sudut ruangan, bekas penjara menyisakan suasana mencekam. Ditambah kondisi bangunan yang sudah mulai rapuh. Kurangnya pencahayaan dan tembok terkelupas memancing makhluk halus untuk bersarang di bangunan berseribu pintu ini.

Semenjak sejarah kelam ini terjadi, lawang sewu kerap dicap orang – orang sebagai bangunan dengan suasana horror paling mengerikan.

3. Ruang Bawah Yang Terkenal Paling Horror

Ruang Bawah Yang Terkenal Paling Horror

Jika berbicara tentang lawang sewu, tidak lengkap jika tidak berbicara tentang kengerian ruang bawah tanahnya. Ruangan yang pernah dijadikan saksi bisu kekejaman belanda dan jepang yang memenjarakan para tawanan. Ruangan yang dibagi menjadi 3 jenis ini terkenal akan aura mistisnya yang luar biasa. Banyak pengunjung yang menyatakan bahwa melihat dan merasakan kehadiran makhluk tak kasat mata disini.

 

Kesan lembab dan gelap menambah kesan horror ruangan bawah tanah ini. Ruangan yang di desain 2×2 meter ini pernah membuat para tawanan tersiksa dan menimbulkan korban. Apalagi banyak cerita beredar bahwa ada makhluk yg berjongkok dengan mata hijau merangkak. Diruangan ini pun kerap tercium bau anyir seperti bau darah segar.

 

4. Pernah Dirumorkan Ada yang Meninggal

Pernah Dirumorkan Ada yang Meninggal

Sebuah program televisi terkenal yang menampilkan acara ujinyali berjudul “masih dunia lain” mengadakan acara uji nyali di gedung lawang sewu. Peserta ditantang untuk mengikuti uji nyali di lorong B gedung lawang sewu yang diakui paling angker. Peserta pun mengikuti uji nyali dari jam 12 malam hingga 5 pagi.

 

Pernah ada legenda sebelumnya bahwa siapapun yang melihat hantu berbaju putih di lawang sewu akan meninggal. Peserta pun mengikuti uji nyali seperti biasa dan tiba – tiba sesosok kuntilanak muncul dari balik lorong. Peserta pun tidak sanggup dan langsung menyerah. Dikarenakan episode ini, acara televisi tersebut mendapatkan penghargaan.

 

Namun setelah 3 hari menjalani uji nyali tersebut, sang peserta dikabarkan meninggal, namun kabar tersebut hanyalah hoax. Pembawa acara sudah diundang ke acara talkshow dan membantah bahwa peserta meninggal dan itu hanyalah mitos belaka. Tidak ada korban sama sekali.

Baca juga : Kengerian Alas Purwo, Surga Terpencil Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *